Home / Kabar Desa / BUDAYA ” KA AJEGEN ” BUKTI SEMANGAT GOTONG ROYONG WARGA SUMBERSALAK

BUDAYA ” KA AJEGEN ” BUKTI SEMANGAT GOTONG ROYONG WARGA SUMBERSALAK

IMG-20210930-WA0008
Sumbersalak.desa.id, – Semangat gotong royong, terus dilestarikan kecamatan Ledokombo, khususnya bagi warga desa Sumbersalak, desa yang terkenal dengan sebutan desa Wisata ini terus mengedapankan semangat gotong royong untuk menciptakan masyarakat yang guyub dan rukun.

Warga setempat melaksanakan budaya “ka aJegen “ atau dalam bahasa Indonesia gotong royong. Budaya gotong royong adat suku Madura dalam membangun rumah tanpa dihitung upah.
Adalah kediaman Iwan Joyo Suprapto, yang dikerjakan secara Gotong Royong oleh warga sudah sekitar hampir satu Minggu. Menurut warga semangat gotong royong dilakukan sejak melakukan menurunkan genteng dan atap rumah  hingga menaikkan genteng.

Tak tanggung-tanggung sekitar 20-an warga bergerak melakukan “ka ajegen“. Kegiatan itu sendiri sudah dilakukan hampir satu minggu.

“Kalau di sini warganya kompak mas. Kalau punya kegiatan kita bergotong-royong, termasuk Ka Jegen ini. Siapa saja yang punya hajat kita kompak,” kata Iwan.
Budaya Ka Ajegen sendiri merupakan adat istiadat yang masih melekat bagi warga Madura di Kabupaten Jember khususnya bagi warga Desa Sumbersalak, yang mengikuti tidak dihitung upah seperti pekerja pada umumnya, hanya diberi makan siang dan sarapan.
Iwan menjelaskan menjelaskan, biasanya Ka Ajegen diikuti puluhan orang dan tidak diberi imbalan, yang diberi imbalan biasanya hanya tukang. Dia menjelaskan warga yang melakukan sambatan tidak mengharapkan imbalan sama sekali. (Admin)

About Desa Sumbersalak

Check Also

20191009_120057

Polije beri Pelatihan Komunikasi Efektif Bahasa Inggris untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan di Pokdarwis Damarwulan

Komunikasi efektif sangatlah penting dalam melayani wisatawan (wisman) di lokasi wisata khususnya Bahasa Inggris untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *