Home / JURNALISME WARGA / PLESIR KE TIGA AIR TERJUN SUMBERSALAK YANG PATUT DIKUNJUNGI DI JEMBER

PLESIR KE TIGA AIR TERJUN SUMBERSALAK YANG PATUT DIKUNJUNGI DI JEMBER

e7562fd9-8b13-4513-a388-dfa394f7820aAir terjun merupakan destinasi wisata yang terkenal dari Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Ada tiga air terjun yang bisa dijelajahi pengunjung.

Tiga air terjun itu adalah Air Terjun dan Pemandian Damarwulan, Air Terjun Damarwulan 2, serta Air Terjun Anjasmoro. Ketiga air terjun ini berdekatan.

Surya menyambangi dua air terjun itu di akhir Oktober ini. Surya menjelajahi Pemandian Damarwulan dan Air Terjun Damarwulan. Pemandian Damarwulan ini dilengkapi dengan air terjun berukuran pendek, sekitar 1,5 meter. Air terjun ini juga bisa disebut Air Terjun Damarwulan 1. Dari Pemandian Damarwulan, berlanjut ke Air Terjun Damarwulan 2.

Damarwulan diambil dari nama Damarwulan, tokoh cerita rakyat yang berkaitan dengan kisah kerajaan Majapahit dan Blambangan. Warga Desa Sumbersalak memiliki ‘hubungan’ dengan kisah Damarwulan. Sebab mereka meyakini, Damarwulan lahir di Desa Sumbersalak, tepatnya di Dusun Paluombo. Letak dusun itu tidak terlalu jauh dengan Air Terjun Damarwulan yang berada di Dusun Salak.

Untuk menuju Air Terjun Damarwulan, pengunjung harus melewati jalan yang membentang di tengah areal persawahan. Kontur persawahan yang keren menjadi pemandangan tersendiri ke air terjun itu. Kendaraan roda dua saja yang baru bisa menjangkau sampai ke dekat air terjun tersebut.

Baca Juga :  Air terjun Sumbersalak Destinasi Wisata Baru di Jember

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda empat dan suka berpetualang berjalan kaki, harus menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer menuju Pemandian Damarwulan dan Air Terjun Damarwulan 1.

Dengan pemandangan persawahan yang indah, perjalanan menuju Air Terjun Damarwulan tidaklah merugi. Pemandian Damarwulan lokasi yang pertama dijujug. Pemandian itu dulunya merupakan kolam alami. Warga setempat kerap memakai kolam alami itu untuk mandi.

“Dulu memang ada kolam alami di sini. Dan disebut sebagai Pemandian Damarwulan. Tetapi apakah Damarwulan dulunya bermain di pemandian sini, itu yang kami tidak tahu,” ujar Khosin Alfiandani, Ketua Pokja Air Terjun Damarwulan.

Pemandian itu diperindah dengan air terjun setinggi 1,5 meter. Beberapa pengunjung menamai air terjun mini itu memakai nama air terjun Niagara mini. Namun Pokja Air Terjun Damarwulan menyebutnya sebagai Air Terjun Damarwulan 1.

Tempat itu aman sebagai lokasi mandi, bagi orang dewasa dan anak-anak. Pokja juga menyediakan pemandu, dan tim keamanan. Pokja juga menyediakan ban yang bisa disewa untuk bermain air di tempat itu.

“Kawasan ini masih dalam proses pengembangan. Kolam atau pemandian akan kami perbaiki sehingga nanti lebih nyaman bagi pengunjung,” imbuh Khosin.

Melihat air terjun dan pemandian itu menimbulkan keinginan siapapun untuk mandi. Apalagi ditunjang dengan air yang jernih dan segar.

Petualangan dilanjutkan menuju Air Terjun Damarwulan 2. Air terjun ini berjarak sekitar 200 meter dari Air Terjun Damarwulan 1. Pengunjung harus berjalan kaki menuju Damarwulan 2. Perjalanan tidak terasa karena suasana yang adem.

Baca juga : Mitos Damarwulan di Desa Sumbersalak yang dibungkus fakta Sejarah ?

Air Terjun Damarwulan 2 memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Kolam di bawahnya sangat jernih. Saat Surya berkunjung ke tempat itu, ketinggian air tidak sampai selutut. Kolam itu nyaman sebagai lokasi bermain air ketika debit air terjun itu tidak tinggi.

Khosin menyebutkan, setiap akhir pekan, jumlah pengunjung bisa membludak. Ada sekitar 150 – 200 sepeda motor yang diparkir di sekitar Damarwulan 1.

Di atas Air Terjun Damarwulan 2, ada Air Terjun Anjasmoro. Air terjun ini dikelola oleh Pokja lain. Air terjun ini juga kerap disebut sebagai ‘NIagara Waterfalls’ hanya saja berukuran mini. Kontur air terjun yang berundak, membuat air terjun itu terlihat indah.

Di bawah air terjun, juga ada pemandian yang bisa dipakai berenang dan bermain air. Menuju Air Terjun Anjasmoro bisa dijangkau dari Damarwulan 2 secara berjalan kaki. Jaraknya sekitar 200 meter. Air terjun itu juga bisa dijangkau memakai kendaraan bermotor, namun melewati jalur di Dusun Karanganyar. Untuk menuju air terjun ini, mata juga dimanjakan pemandangan sawah yang indah.

Pesona wisata air terjun di Desa Sumbersalak ini dipromosikan melalui media sosial, yakni melalui akun Instagram @pesonasumbersalak. Akun itu menyajikan pesona desa wisata Sumbersalak. Desa Sumbersalak juga memailiki laman informasi di www.sumbersalak.desa.id

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Plesir ke Tiga Air Terjun Sumbersalak yang Patut Dikunjungi di Jember, https://surabaya.tribunnews.com/2019/11/13/plesir-ke-tiga-air-terjun-sumbersalak-yang-patut-dikunjungi-di-jember?page=all.
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca

About Desa Sumbersalak

Check Also

Screenshot_20191109_123020

Ibu Pintar di Rumah Inspirasi Ledokombo Gunakan Aplikasi Penentuan Menu Makan bagi Balita

Setiap ibu berkeinginan memberikan yang terbaik bagi anaknya. Selepas ASI eksklusif, seringkali ibu merasa kebingungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *