Home / Kabar Desa / GROUP HADRAH DESA SUMBERSALAK BORONG JUARA DI FESTIVAL SHOLAWAT SE KAB. JEMBER

GROUP HADRAH DESA SUMBERSALAK BORONG JUARA DI FESTIVAL SHOLAWAT SE KAB. JEMBER

IMG_0949

Tahun ini, Desa Sumbersalak mengirim delegasinya sebanyak  empat group hadrah yakni Al – Muhibbin, Nurud Dholam, Nurul Karomah, dan group Hadrah asal Dusun Paluombo. Perlombaan yang di gagas oleh Komunitas Tanoker ini digelar area Pasar Lumpur Dusun Sumberlesung Onjur Desa Sumberlesung Kecamatan Ledokombo. Dari perlombaan tersebut  juara ketiga dan kedua diraih Desa Sumbersalak yakni Nurud Dholam dan Al Muhibbin sedangkan juara pertama di raih oleh Group Hadrah Al Mujtaba’ Asal  Mangli

Salah satu penggagas Komunitas Tanoker Ledokombo mengatakan  “ Kegiatan pasar lumpur edisi bulan suci Rhamadan ini, mempunyai makna yang sangat istimewa karena mampu memasuki berbagai sisi, baik sebagai syarat syiar Islam, maupun sisi ekonomis,” kata Farha Ciciek dalam sambutannya.

“ Kesenian Hadroh merupakan bentuk kesenian Islam yang harus di Lestarikan. Banyak sekali group group hadroh yang masih eksis di pondok pesantren maupun di mushola dan di majlis taklim yang tersebar di Kabupaten Jember ini, selain sebagai hiburan, kesenian hadrah ini juga sebagai syiar media dakwah Islam,” Lanjutnya.

Lomba Hadrah ini berlangsung meria para peserta yang terdiri dari 10 hingga 15 pemain di setiap kelompoknya mengikuti lomba dengan sangat antusias. Setiap peserta menampilkan kemapuan terbaiknya dengan menapilkan lagu wajib sholawat Musawa dan satu lagu pilihan bebas dari peserta. Seluruh peserta yang tampil menjadi juara mendapatkan uang pembinaan dari Komunitas Tanoker Ledokombo

Sementara itu, Kepada Tim Redaksi Sumbersalak (Tires),  Mustofa selaku ketua group hadrah  Al Muhibbin asal Desa Sumbersalak yang menjadi juara diacara lomba tersebut mengatakan jika keberhasilannya merupakan hasil dari kerja keras para anggota yang berlatih di setiap malamnya sudah memetik hasilnya “ Al Hamdulillah, ini baru pertama kali group kami menjadi juara, dan saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” kata pria pelatih group hadrah ini.

Lebih lanjut Mustofa mangakui jika group Hadrahnya  sudah berdiri hampir satu tahun mulai terbentuk dan sudah mendapatkan hasil yang sangat memuaskan “ Semoga kedepan menjadi lebih baik,”

Perlu di ketahui bahwa Pasar Lumpur kegiatan pasar yang dilaksanakan setiap minggu di akhir bulan Kegiatan ini nantinya akan dilakukan secara rutin setiap satu bulan sekali dengan mengkolaborasikan wisata kuliner berbasis kearifan lokal untuk mewujudkan kedaulatan pangan, agro wisata dan aneka kerajian tangan masyarakat Ledokombo. Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, maka akan diupayakan berbagai perbaikan sarana di wahana polo lumpur dan pengembangan dapur sehat di Tanoker.

Diantara tujuan pelaksanaan pasar lumpur ini adalah sebagai  wahana untuk menunjukan kratifitas masyarakat Ledokombo yang menjadi destinasi wisata belajar yang inspiratif di Jember, Membangkitkan semangat dan kreatifitas masyarakat dalam pengolahan makanan dan minuman sehat dengan memanfaatkan bahan-bahan yang berada di lingkungan sekitar; Kampanye produk lokal sehat kreatif yang dimulai dari desa untuk dunia berbasis kearifan lokal; dan merayakan  kebersamaan dengan meningkatkan solidaritas antar berbagai elemen masyarakat Kecamatan Ledokombo dengan berbagai stakeholders di Kabupaten Jember. sertamemajukan dan mensejahterakan masyarakat Ledokombo dengan adanya perputaran ekonomi yang dinamis dan berkelanjutan. One Tires

About Desa Sumbersalak

Check Also

DSC_0080

Kenapa Piknik ke Desa Wisata Lebih Menarik, Ini Jawabannya

Apa kelebihan berwisata ke desa di banding wisata ke obyek-obyek modern buatan yang ada di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *