Home / Kabar Desa / Puluhan Pramuka Penegak Di Lantik Di Camping Ground Anjasmoro Waterfall

Puluhan Pramuka Penegak Di Lantik Di Camping Ground Anjasmoro Waterfall

DSC_0244Dalam rangka meningkatkan kecakapan anggota Pramuka SMK dr Soebandi menggelar kegiatan pelantikan laksana. Minggu, 23/04/2017. Kegiatan yang didahului dengan pengujian SKU Laksana yang telah dilakukan selama kuarang lebih enam  bulan di setiap pertemuan. Dari ujian SKU yang telah dilaksanakan terdapat 25 anggota Pramuka Penegak yang dinyatakan lulus uji SKU Laksana. Dalam acara tersebut, seluruh seluruh peserta sangat antusias mengikuti acara pelantikan tingkat penegak bantara bantara ke laksana dengan semangat

Pelantikan yang di gelar di Camping Ground tepatnya di area lokasi wisata alam air terjun Anjasmoro desa Sumbersalak kec. Ledokombo Kabupaten Jember. Sebelum  pelantikan di mulai, para peserta dan beberapa kakak pembina harus bermalam dengan mendirikan tenda serta dilanjutkan dengan bakti sosial di area wisata air terjun Anjasmoro, yang kemudian dilanjutkan dengan penjelajahan di beberapa area wisata agro maupun alam dan harus melewati perkebunan kopi milik warga serta melewati hamparan sawah yang sangat luas.

Menurut Satirul Uyub kepada Team Redaksi Sumbersalak (Tires) selaku kakak pembina  Pramuka di SMK dr Soebandi mengatakan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter bagi anggota pramuka di SMK dr Soebandi dan di sesuaikan fungsinya yakni pengabdian terhadap masyarakat

“ Pelantikan dari Bantara ke Laksana ini bertujuan agar pramuka SMK dr Soebandi mendapat  kesan yang mendalam dan membuka hatinya dari pengaruh pembinanya dalam upaya membentuk perubaham karakter yang berkepribadian dan  pekerti luhur serta taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta peduli pada sesama  dan yang paling penting adalah menerapkan dasar dan metode Pramuka“, kata alumni Ponpes Baitul Arqom ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan jika kegiatan pelantikan ini disambut antusias oleh warga sekitar yang ramah serta didukung oleh cuaca yang cerah dan dekat dari lokasi wisata wisata alam serta menyampaikan keinginannya untuk kembali mengadakan kegiatan di tempat yang dikenal dengan Bumi Damarwulan ini. “ Warga sekitar sangat ramah dan sangat antusias menyambut kegiatan kita, lebih lebih di area iini terdapat lokasi camping Ground dan dekat dengan sumber mata air dan memenuhi standart  untuk berkemah ”. Lanjutnya pria yang akrab di panggil kak Iir ini.

Sementara itu, Catur Widodo selaku Waka bidang kesiswaan  sekaligus mewakili Kepala Sekolah SMK dr. Soebandi, ibu Titi Yulianti, MM. M. Si. Apt, yang berhalangan hadir diacara tersebut mengatakan bahwa,  kegiatan ini merupakan kegiatan wajib di ikuti oleh para siswa siswinya, salah satunya adalah kegiatan ekstrakurikuler yakni Pramuka, “ Dengan adanya kegiatan pelantikan ini semoga mental, moral, akhlaq dan kedisplinan  siswa  siswi kami terbangun melalui kegiatan ini ”  harapnya.

IMG_2341Bahkan dia mengaku bangga terhadap keramahan warga sekitar dalam menyambut kegiatannya, “ Terimakasih kepada  warga Sumbersalak khususnya pengelola wisata air alam di desa Sumbersalak atas sambutannya yang ramah, terutama keamanannya. lanjut pria yang akrap dipanggil pak Catur ini.

Dia berharap agar wisata alam khususnya di desa Sumbersalak benar benar dikelola dan selalu menjaga kemanannya “ Karena kemanan merupakan yang harus di utamakan utamanya ke pengunjung’’ Lanjutnya, dan yang paling terpenting adalah pemberdayaan warga sekitar “ dengan munculnya beberapa wisata air terjun ini warga sekitar bisa meningkatkan taraf ekonominya yakni dengan berjualan di area lokasi wisata yang sudah booming ini” (one/tires)

About Desa Sumbersalak

Check Also

ss

6 WEBSITE DESA TERBAIK SE-KABUPATEN JEMBER

Ada banyak Desa yang memiliki website di Kabupaten Jember. Namun tidak semuanya website aktif dengan baik. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *