Home / Kabar Desa / YAYASAN BIMANTARA JEMBER SOSIALISASIKAN ” BELA NEGARA DAN PERGAULAN BEBAS”

YAYASAN BIMANTARA JEMBER SOSIALISASIKAN ” BELA NEGARA DAN PERGAULAN BEBAS”

img-20161220-wa0001Demi keselamatan generasi bangsa, Yayasan BIMANTARA Jember rela turun ke pelosok-pelosok desa. Kali ini kegiatan sosialisasi dilakukan di salah satu sekolah dasar, MI. Nurul Ulum, Dusun Juroju Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo, Jum’at, 16 Desember 2016.

Perserta terdiri dari siswa-siswi mulai dari kelas 4, 5, 6, serta juga diikuti oleh ibu wali murid. Setelah selesai ketiga narasumber menyampaikan materi, para peserta baik siswa dan ibu silih berganti bertanya sehingga terjadi dialog antara peserta dan nara sumber.

“Sosialisasi ini kami lakukan mulai dari sekolah dasar, kelas 5 dan 6, serta SMP dan SMA. Fokus kita kali ini adalah daerah jember utara dan timur”, ujar Mohammad Husen, selaku ketua yayasan BIMANTARA Jember kepada salah satu Tim Redaksi Sumbersalak (TIRES).

Menurutnya daerah Jember utara dan timur banyak ditemukan kasus miras oplosan yang sudah menjangkiti anak usia sekolah. Bahkan sudah merambah pada anak usia sekolah dasar. Yayasan BIMANTARA Jember ini juga gencar sosialisasikan mengenai kenakalan remaja dan beberapa bahaya yang belum banyak diketahui oleh anak-anak usia sekolah sehingga perlu keterlibatan semua pihak agar tidak dapat merusak generasi bangsa kita. Contoh kenakalan remaja yang banyak terjadi diantaranya mengenai minuman keras, obat-obatan terlarang, free sex, hingga penggunaan narkoba dan narkotika.

Kegiatan yang  bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan pencegahan terhadap pergaulan bebas generasi penerus bangsa, serta untuk meningkatkan kepedulian sosial, ungkap Budiono, Koordinator Tagana Jember. Beliau bersama Yayasan BIMANTARA Jember merupakan materi dalam kegiatan sosialisasi ini. Menurutnya, pencegahan terhadap banyak kenakalan remaja harus dilakukan sejak dini sehingga generasi bangsa kita tidak terjerumus pada kecanduan miras serta narkoba.

Sedangkan pemateri ketiga, Tutik Rahayu, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Jember mengungkapkan, kenakalan remaja seperti miras, free sex, serta narkoba dapat merajalela juga karena semakin canggihnya anak-anak saat ini yang sudah banyak memegang Smartphone sehingga akses untuk mendapatkan barang terlarang tersebut semakin mudah.

“Oleh karena itu orang tua harus mengontrol HP anaknya. Harus di cek apa saja yang ada dalam HPnya serta harus di cek pula akun-akun sosialnya, seperti Facebook, Twitter, WA, serta Instagramnya atau akun-akun sosial lainnya”, tambah Tutik Rahayu.

Kontrol orang tua terhadap Smartphone anak akan menjadi pencegahan yang paling efektif dilakukan karena setiap hari mereka bertemu. Dengan demikian generasi bangsa ini dapat diselamatkan dari kenakalan remaja yang semakin hari semakin beragam bentuknya, pungkas Tutik Rahayu. Di2x

About Desa Sumbersalak

Check Also

ss

6 WEBSITE DESA TERBAIK SE-KABUPATEN JEMBER

Ada banyak Desa yang memiliki website di Kabupaten Jember. Namun tidak semuanya website aktif dengan baik. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *