Home / JURNALISME WARGA / PEMUDA DESA SUMBERSALAK DILATIH PEKA TERHADAP PERMASALAHAN DESA

PEMUDA DESA SUMBERSALAK DILATIH PEKA TERHADAP PERMASALAHAN DESA

Sejumlah pem13319794_228782374174353_1545622141770320666_nuda yang mewakili empat Dusun di desa Sumbersalak terlibat aktif melaksanakan kegiatan diskusi Rutin yang dilaksanakan setiap jum’at. Diskusi dimulai sejak awal Februari 2016 terlahir sejak diluncurnya website desa dan sistem Informasi Desa (SID) mulai diterapkan di desa Sumbersalak.

Keberadaan Sistem Informasi Desa yang di inisiasi oleh kamunitas Tanoker tersebut memancing minat sejumlah beberapa pemuda desa untuk mengisi beberapa konten yang ada di website desa tersebut. sehingga terbentuklah sebuah team yang bernama Team Redasi Sumbersalak kemudian disingkat menjadi TIRES.

Dalam perjalannanya team yang beranggotakan 13 orang tersebut membahas bagaimana sebaiknya cara  mengelola informasi desa yang dimulai dengan memanfaatkan potensi yang ada, baik terkait Sumber daya Alam (SDA) desa Sumbersalak yang kaya akan berbagai potensi wisata. Tidak hanya itu setiap pertemuannya Tires Juga membahas berbagai isu yang berkembang di desa sumbersalak utamanya isu terkait dengan perlindungan terhadap Buruh Migran  Indonesia yang berasal dari Desa Sumbersalak sehingga dapat juga mendukung pemerintah dalam meningkatkan perlindungan Buruh Migran Indonesia dan Keluarganya.

Pertemuan Team redaksi Sumbersalak selain bertujuan untuk berbagi wawasan dan pengalaman tentang pengembangan Sistem Informasi Desa, mereka juga mendapatkan materi tentang Jurnalistik, selain itu mereka juga  belajar tentang penguatan kapasitas pemuda desa dalam memberikan informasi kepada pihak pihak lain, baik warga desa, sektor swasta, maupun kepada beberapa media massa lainnya.

Kedepan harapan Tires agar pemerintah desa Sumbersalak bisa mengembangkan sistem informasi desa untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan juga bentuk transparansi dan akuntabel.

Save

Save

Save

Save

Save

About Desa Sumbersalak

Check Also

ss

6 WEBSITE DESA TERBAIK SE-KABUPATEN JEMBER

Ada banyak Desa yang memiliki website di Kabupaten Jember. Namun tidak semuanya website aktif dengan baik. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *