Home / PROFILE DESBUMI / BERSAMA MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN DESBUMI (Desa Peduli Buruh Migran dan Anggota Keluarganya)

BERSAMA MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN DESBUMI (Desa Peduli Buruh Migran dan Anggota Keluarganya)

 

Peresmian Desbumi Sumbersalak Oleh Menteri Tenaga Kerja RI M. Hanif Dhakiri. 25 November 2015

 Desa Sumbersalak telah melakukan berbagai kegiatan perlindungan dan peningkatan kesejahteraan BMI dan anggota keluarganya dengan membangun dan mengembangkan Desa Peduli Buruh Migran dan Anggota Keluarganya (Desbumi) atas kerjasama Tanoker dengan berbagai pihak baik tingkat nasional maupun internasional. Desbumi diresmikan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Muhammad Hanif Dhakiri) pada 25 November 2015. Melalui Desbumi diupayakan dari desa dapat mewujudkan migrasi yang benar dan aman.

Sumbersalak menuangkannya dalam Peraturan Desa Sumbersalak Nomor 05 Tahun 2015 tentang Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia dan Anggota Keluarganya Asal Desa Sumber Salak yang disahkan pada 21 November 2015. Proses disahkannya peraturan desa tidak lepas dari dialog dalam musyawarah desa antara pemerintah desa termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, tokoh agama, mantan buruh migran, anak buruh migran, dan kelompok masyarakat yang dalam hal ini adalah Tanoker. Selain itu, Pemerintah Desa Sumbersalak menganggarkan dari dana desa untuk pelatihan dan pembinaan buruh migran yang tertuang dalam Peraturan Desa Sumbersalak Nomor 04 Tahun 2016 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Sumbersalak Tahun 2016.

Desbumi juga telah mendorong transparansi tata kelola desa melalui perbaikan sistem informasi desa dengan melibatkan pemuda dan pemudi desa sebagai relawan di Pusat Pelayanan Informasi Terpadu (PPIT). beberapa kegiatan PPIT  diantaranya adalah  pendataan mengenai kondisi calon BMI, BMI yang berada di luar negeri, BMI Purna dan kondisi anak-anaknya; penanganan kasus; pelayanan informasi termasuk pengelolaan media sosial desa (website: http://sumbersalak.desa.id/ dan facebook: Desa Sumbersalak); serta penguatan BMI dan anggota keluarganya melalui pengembangan ekonomi kreatif dan community parenting. Kedepan, diharapkan Desbumi juga berkembang ke desa-desa lainnya di Indonesia terutama area-area pengiriman buruh migran.(Sisillia Velayati)

 

About Desa Sumbersalak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *