Home / Kabar Desa / SISWI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUL ULUM BAWAKAN TARIAN KHAS JEMBER

SISWI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUL ULUM BAWAKAN TARIAN KHAS JEMBER

Minggu, 22 Mei 2016 , siswa kelas VI MadRasah Ibtida’iyah (MI) Nurul Ulum Sumbersalak, Jember merayakan perpisan sekaligus pentas seni. Saat –saat terakhir mereka duduk di bangku Madrasah Ibtda’iyah (MI), mereka masih mempersembahkan sebuah tarian khas kota Jember yakni tari ‘’PETIK KOPI’’.

Tari Petik Kopi merupakan tari khas kota Jember. Menggambarkan mata pencaharian penduduk kota Jember, khususnya penduduk yang tinggal di Jember sebelah timur. Sebagian besar penduduknya menjadi petani kopi. Tari Petik Kopi pertama kali di launching oleh mahasiswa Universitas Jember (UNEJ) pada tanggal 8 November 2013. Dan diacara perpisahan ini, Tari Petik Kopi dibawakan oleh siswi MI Nurul Ulum ini beranggotakan 9 orang. Mereka adalah Lailatun Na’imah, Fadilatur Rosida, Lumfiatul Hasanah, Melintatin Maghfiroh, Lailatul Faizah, Rina Anggita Sari, Inti Dian Khumairah, Nailil Himayah, dan Atik Yuliatin.

‘’Saya sengaja mengenalkan sekaligus mengajarkan mereka dengan tari daerah khususnya kota Jember, agar mereka lebih mengenal daerahnya sendiri.’’ Ujar Badria selaku pelatih tari Petik Kopi.

Saat budaya asing mudah masuk ke negara kita, baik melalui musik, pakaian, makanan, dan tarian, yang membuat kebudayaan sendiri  tekikis, sudah sepantasnya generasi muda lebih mempertahankan dan melestarikan budaya sendiri. Madrasah Ibtida’iyah (MI) Nurul Ulum membuktikan bahwa siswanya mampu melakukan hal tersebut melalui tarian daerah.

‘’Saya senang bisa diberi kesempatan lagi menarikan tari daerah khas kota Jember, saya pikir hanya tari labahko saja tari khas kota Jember, ternyata saya salah. Semoga setelah saya keluar dari sekolah ini adik-adik saya yang melanjutkan dan saya juga berharap bukan hanya budaya kota Jember saja melainkan daerah-daerah yang lain juga agar kita lebih mengenal dengan budaya daerah lain.’’ Tutur Lailatun Na’imah siswi kelas VI sekaligus penari Petik Kopi.


Penulis: Badriyah

About Desa Sumbersalak

Check Also

ss

6 WEBSITE DESA TERBAIK SE-KABUPATEN JEMBER

Ada banyak Desa yang memiliki website di Kabupaten Jember. Namun tidak semuanya website aktif dengan baik. …

One comment

  1. Mantaaaaaapppp sumbersalak semakin oks dah……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *