Home / PELAYANAN / PEMBUATAN KK / Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Baru

Cara Mengurus Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Baru

cara membuat kkkBagi keluarga yang masih baru, maka hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah mulai mengurus Kartu Keluarga (KK) sendiri. Dengan kartu keluarga inilah segala hal yang berkaitan dengan urusan administrasi dan pelayanan kependudukan akan dibuat . Ketika anda hendak membuat KTP anggota keluarga anda, maka anda butuh kartu keluarga. Ketika anak anda akan mendaftar sekolah, maka anda juga butuh kartu keluarga. Masih banyak lagi fungsi kartu keluarga untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi dan pelayanan kependudukan.

Untuk itulah, kami sarankan untuk sesegera mungkin membuat kartu keluarga yang baru begitu anda menikah dan membangun rumah tangga yang baru.

Dulu ketika kami baru saja menikah, maka kami tidak menunda untuk membuat Kartu Keluarga sendiri, dan memisahkan diri dari Kartu Keluarga milik keluarga besar kami masing -masing. Ya.. tentu saja kita harus sabar, cermat, dan telaten dalam memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan dan menembus birokrasi pengurusan KK baru. Nah, pada artikel kami kali ini, akan kami bagikan beberapa informasi yang dapat membantu anda semua dalam mengurus kartu keluarga (KK) yang baru.

Kartu Keluarga (KK)

Definisi : Kartu Keluarga adalah Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang nama, susunan, dan hubungan dalam keluarga serta identitas anggota keluarganya.

Setiap Kartu Keluarga memiliki nomor seri yang akan tetap berlaku selama tidak terjadi perubahan Kepala Keluarga. Adapun jika yang terjadi perubahan susunan keluarga dalam Kartu Keluarga, maka wajib kita laporkan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, selambat – lambatnya 30 hari sejak terjadinya perubahan.
Kartu Keluarga adalah bukti yang sah dan kuat atas status identitas keluarga dan anggota keluarga .

Lalu apa yang harus kita lakukan jika ingin mengurus pembuatan Kartu Keluarga? Berikut langkah – langkahnya :

  1. Meminta surat pengantar pembuatan kartu keluarga baru ke RT setempat dan dilanjutkan distempel ke RW.
  2. Mendatangi kantor kelurahan setempat untuk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembuatan Kartu Keluaraga dengan membawa persyaratan – persyaratan berikut :

Untuk kasus penambahan anggota keluarga maka syarat yang harus dibawa :

  • Surat pengantar dari RT/RW
  • Kartu Keluarga yang lama
  • Surat Keterangan Kelahiran dari calon anggota keluarga baru yang akan ditambahkan.
  • Sedangkan untuk kasus penambahan anggota keluarga untuk numpang Kartu Keluarga, maka persyaratannya :
  • Surat pengantar dari RT/RW
  • Kartu Keluarga yang lama atau Kartu Keluarga yang ditumpangi.
  • Surat Keterangan Pindah Datang ( bagi yang kedatangan)
  • Surat Keterangan Datang dari luar negeri bagi WNI yang datang dari luar negeri.
  • Paspor , Izin Tinggal Tetap, Surat Keterangan Catatan Kepolisian/ Surat Tanda Lapor Diri( bagi orang asing)

Untuk kasus pengurangan anggota keluarga

  • Surat pengantar dari RT/RW
  • Kartu Keluarga yang lama
  • Surat Keterangan Kematian (bagi yang meninggal dunia)
  • Surat Keterangan Pindah / pindah datang ( bagi penduduk yang pindah)

Untuk kasus Kartu Keluarga yang hilang atau rusak, persyaratannya :

  • Surat pengantar dari RT/RW
  • Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian
  • Kartu Keluarga yang rusak ( kasus KK yang rusak )
  • Foto kopi dokumen kependudukan dari salah satu anggota keluarga
  • Dokumen keimigrasian bagi orang asing

Setelah anda selesai mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembuatan Kartu Keluarga baru di kantor kelurahan setempat dengan membawa persyaratan – persyaratan di atas, maka selanjutnya anda pergi ke kantor kecamatan untuk proses penerbitan Kartu Keluarga. Selesai .
Sedangkan jika pembuatan Kartu Keluarga baru dikarenakan proses kedatangan antar kabupaten/kota, propinsi, maka setelah menyelesaikan proses di kantor kelurahan, anda harus melanjutkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, baru pergi ke kantor kecamatan untuk proses penerbitan Kartu Keluarga baru.


Biaya membuat Kartu Keluarga Baru
Berdasarkan UU No 24 tahun 2013 pasal 79 A menyebutkan bahwa pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan ( KK, KTP-el, akte kelahiran, akte kematian, akte perkawinan, akte perceraian, dan  lain – lain) TIDAK DIPUNGUT BIAYA / GRATIS. Kalau masih ada yang dipungut biaya, silahkan laporkan ke atasannya atau kepala dinas yang bersangkutan.

Bagaimana Mengurus Kartu Keluarga yang Hilang?
Untuk mengurusnya, maka kepala keluarga datang ke kentor kecamatan setempat dengan membawa :

  1. Laporan kehilangan dari kepolisian
  2. Pengantar RT/RT
  3. KTP dari salah satu orang yang ada di KK
  4. Formulir permohonan dari kelurahan

 

dikutip dari :

http://ibuani.blogspot.co.id/2015/06/cara-mengurus-pembuatan-kartu-keluarga.html

About Desa Sumbersalak

31 comments

  1. Pak admin mau tanya kalo misalkan saya pindah domisili syarat yang harus saya penuhi apa ya pak.
    Kebetulan saya dulu tinggal di solo

  2. Selamat pagi yth redaksi sumbersalak.desa.id , mohon maaf ,sepertinya artikel di atas sangat identik dengan tulisan saya di http://ibuani.blogspot.co.id/2015/06/cara-mengurus-pembuatan-kartu-keluarga.html . Jika memang benar, maka anda telah memakai tulisan saya tanpa izin.
    Saya harap anda bersedia mencantumkan link tulisan saya tadi ke artikel bapak/ibu di atas. Sehingga saya tidak perlu melaporkan ke Google. Terima kasih banyak.

  3. Pak/Ibu admin. apakah harus pakai domisili?

  4. Kalo kebakaran gimana cara bikinya.

  5. Adm sya mau tanya jika sya menikah siri trus lahir anak dan ibu anak tersebut tidak mau mengurusi dan mintak cerai, dia marah dan surat nikahnya di sobek”, bagaimana nasib anak sya? Bagaimana sya bisa membuat akte? Biar sya sendiri yg mengurusnya.. Mohon bantuannya.. Bisa bls mail sya. Trima kasih

  6. Adiva Ramadani

    bagaimna jika saya adlh anak yatim piatu? sementara kk dari orng tua entah kmna. yg ada hnya akta kelahiran n surat kematian dari orbf tua? harap bantuannya trims

  7. buat KK baru atau lepas KK dari ortu, fotokopi SK pekerjaan harus ya? soalnya Capil di kab. tanjung pandan di minta lampirkan fotokopi SK pkerjaan dari pegawainya. bila lengkap Bru katanya diproses

  8. Mau tanya pak apakah istri nikah siri bisa masok dlm kk dgn status istri beserta ank”nya. Karena kpl kluarga masih sah memegang surat cerai.

  9. Mau tanya kalau untuk penguusan pisah kartu keluarga karena bercerai persyaratannya apa saja yach

  10. Pak admin apa wajib membuat kk baru, dengan orang berkeluarga baru, harus melampirkan PBB padahal belum memiliki rumah, berarti yang belum memiliki pbb tidak bisa membuat kk baru …..

  11. Maaf mau tanya,sebebarnya buat kk itu jdnya brpa lama za pak..?ini punya saya dah bed bln2 kok blm JD za,,mksh seblmya

  12. Kalo kebakaran ya kabur pak, jangan bikin kk nanti gosong anda

  13. pak admin, mau nanya donk. klo misalkan saya kan dari lahir ga punya keluarga ya, dan saya dari lahir itu besar d panti asuhan dan kabur dari panti asuhan sejak usia 8 tahun, dan sekrng usia 25 tahun ingin bikin kartu keluarga tanpak ada istri atau anak gitu bisa ga ya?

  14. Dengan ini a mau menanyakan a punya ktp kartu askes dan kis namun mau urus kk sangat lh sulit duit pun dah keluar mohon di tindak lanjuti mksh

    • Mau tanya….

      Kami kan baru nikah terus kami mengurus KK kami, tetapi kata kelurahan nya harus dulu catatan sipil duluan baru bisa keluar KK nya dgn harga Capil nya 600 RB lain pembayaran KK dan lain lain. Apakah memang sgtu harganya???

      Atau memang lebih dari itu…

      Mohon bantuannya pak/bu

  15. Informasinya sangat bermanfaat kebetulan lagi mau ngurus KK baru karena ketambahan anggota keluarga baru.

  16. Pengurusan administrasi di kec. Kemranjen Banyumas SANGAT MENGECEWAKAN

  17. mochamad ali yusuf

    kenpa saya bikin kk di kab.jember puger di persulit yaa..??
    surat saya sudah lengkap tpi kok
    atas nma (Mochamad ali yusuf) saya kata,nya di suruh download..
    saya minta petunjuk.nya..
    biar cpat selesai kk saya

  18. Sy klw mw bkin kk emang gratis tpi pengantr y ada admistrasi y gmn tu bs di lpor kn g tu

  19. Itu gmna ya KK akte ank ku ditahan SMA mantan suami, mo bikin bru gy pecah KK , ga ad KK nya cuma punya KTP bisa ga ya pa ???

  20. Pak Admin saya mau tanya, saya baru saja menikahbdan akan membuat kartu keluarga, akan tetapi kami tetap memegang kewarganegaraan masing-masing (kawin campur) apakah persyaratan dan dokumen yang harus dilengkapi untuk pembuatan KK bagi warga WNI yang kawin campur

  21. Maaf mau nanya , kalau Usia ny sudah 27 tahun tapi di belum punya ktp atau pernah bikin ktp sama sekali bagaimana solusi ny ya ? makasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *