Home / Kabar Desa / Menyambut Ujian Nasional, Bagaimana Persiapanmu?

Menyambut Ujian Nasional, Bagaimana Persiapanmu?

IMG_20160329_090733[1]
siswa-siswi try out

Ujian Nasional tingkat SMA/MA sederajat telah usai dilaksanakan. Ujian tersebut berlangsung mulai tanggal 04-06 April 2016. Kini tinggal menunggu Ujian Nasional tingkat SMP/MTs dan SD/MI sederajat yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Tentunya pelaksanaannyapun sudah diambang pintu. Bagaimana persiapan siswa untuk menghadapinya? Kalau kita lontarkan pertanyaan ini kepada siswa yang akan menghadapinya tentu mereka menjawab ragu-ragu antara siap dan tidak. Seperti pemaparan dari Sulfi, siswa salah satu sekolah dasar di Desa Sumbersalak ini. “ehmm,susah mbak mau jawab sudah siap apa tidak, mau bilang siap, masih ada materi yang belum saya kuasai. Tapi kalau jawab tidak, sebagian besar materi sudah lumayan bisa” jelasnya. Akan tetapi kalau kita berkaca kembali pada nilai try out (uji coba) soal Ujian Nasional yang telah dilaksanakan oleh sekolah-sekolah, tentunya bisa sedikit terbaca tentang kesiapannya. “kalau melihat dari hasil try out  kemarin, nilainya hanya beberapa saja yang diatas 60”. Bukan hanya siswa yang disibukkan dengan Ujian Nasional, pihak sekolahpun juga ikut-ikutan sibuk mempersiapkannya.

IMG_20160322_131717[1]
suasana saat pelajaran tambahan disore hari

Bagaimana dengan usaha pihak sekolah untuk mempersiapkan siswa-siswinya siap dalam menghadapi Ujian Nasional? Tentunya usaha tersebut telah dilakukan yaitu dengan memberikan pelajaran tambahan secara rutin sesuai waktu yang telah dijadwalkan oleh masing-masing sekolah. Upaya ini dilakukan agar memberikan peluang yang banyak bagi siswa untuk menanyakan dengan tuntas tentang materi-materi yang kurang dipahami. Beberapa sekolah bahkan mengadakan istighosah secara rutin yang diikuti oleh siswa dan orang tua/wali dari siswa yang bersangkutan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu usaha dari sekolah dan orang tua agar putra-putrinya bisa mendapat nilai yang memuaskan.

Salah satu sekolah yang mengadakan istighosah di Desa Sumbersalak adalah MI Nurul Ulum. “Istighosah ini bertujuan berdoa bagi anak-anak kita yang akan melaksankan Ujian Nasional supaya dilancarkan dalam pelaksanaannya nanti”. Ujar Bu Nursaidah saat pertemuan wali murid MI Nurul Ulum hari kamis, 17 Maret 2016  yang lalu. “ ini diadakan setelah adanya usaha dari dari sekolah yaitu les tambahan. Tapi percuma diadakan istighosah anak-anak kita tidak rajin belajar, tidak datang saat les, dan masih main-main saat pembelajaran berlangsung”. Lanjutnya.

Tentunya setiap siswa pasti ingin sukses dalam ujian Nasional kali ini. Berikut ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Ikuti program tambahan pelajaran dari sekolah dengan sungguh-sungguh, jangan malu untuk bertanya jika ada materi yang dirasa sulit.
  2. Perbanyak latihan soal dirumah. Manfaatkan waktu luang saat dirumah untuk latihan soal sebanyak munkin. Ini sangat membantu untuk memudahkan memahami bentuk dan model soal.
  3. Buatlah kelompok belajar mandiri untuk membahas soal-soal Ujian Nasional. Kelompok belajar ini maksimal 5 orang saja.
  4. Jika dalam kelompok belajar ada soal yang tidak bisa dipecahkan, bisa juga meminta penjelasan dari teman yang bisa atau guru pengampu mata pelajaran tersebut.
  5. Ikut Bimbel (bimbingan belajar) ataupun les privat.
  6. Setelah semua usaha dilakukan, jangan lupa Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Itulah beberapa Tips dan Trik sukses Ujian Nasional yang bisa di share kali ini. Berikut sekolah-sekolah yang akan melaksanakan ujian Nasional di Desa Sumbersalak: SD Sumbersalak 01, Sumbersalak 02, Sumbersalak 03, Sumbersalak 04, Sumbersalak 05, MI Nuruzzaman, MI Nurul Ulum, SMPN Sumbersalak, MTs Nuruzzaman. Semoga sukses untuk semua siswa-siswi sekolah dasar dan menengah yang akan melaksanakan Ujian Nasional tahun ini.

About Siti Masruroh

Check Also

DSC_0080

Kenapa Piknik ke Desa Wisata Lebih Menarik, Ini Jawabannya

Apa kelebihan berwisata ke desa di banding wisata ke obyek-obyek modern buatan yang ada di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *