Home / Kabar Desa / Mengapa ‘Harus’ Bangga Menjadi Warga Desa?

Mengapa ‘Harus’ Bangga Menjadi Warga Desa?

Keindahan alam yang terhampar luas, bentangan sawah,  lambaian pohon-pohon di sepanjang jalan, gemercik air yang mengalir deras dari mata air pegunungan, sungai yang masih jernih tanpa. Begitulah gambaran desa Sumbersalak, desa yang masih asri dan kental dengan kekayaan alam dan budaya. Desa yang masih belum tersentuh investor asing. Desa yang masih mempertahankan tradisinya dan desa yang terkenal dengan keramah-tamahan masyarakatnya.

Disaat daerah lain berlomba membangun dinding-dinding pencakar langit, perumahan, dan tempat perbelanjaan. Desa Sumbersalak mencoba untuk terus merawat keindahan alamnya. Walaupun banyak desa tidak lagi di manjakan oleh keindahan alam. Hidung tak lagi mencium aroma segar dari pepohonan dan telinga tak lagi mendengar gemericik air mengalir. Namun, Desa Sumbersalak tetap menjaga keindahan alam yang di titipkan Tuhan untuk kami.

Di sini, anak-anak lebih senang bermain dengan alam. Bermain petak umpet, jikjigen (gong), egrang dan mainan-mainan tradisional lainnya. Berbeda dengan anak-anak yang tinggal di kota, mereka lebih senang bermain di dalam ruangan, gadget, game online. Sehingga tak jarang kita melihat anak-anak kota menggunakan kacamata di usia dini. anak-anak di Desa Sumbersalak terbiasa untuk main bersama-sama, menelusuri hutan, sawah dan bermain bola di lapangan. Setiap sore, banyak anak-anak bermain layangan di lapangan, dan juga berkejaran menhejar layangan yang putus. Hal itu tentu sangat sulit dinikmati oleh anak-anak di perkotaan.

Bagi kami tinggal di desa yang teduh ini lebih menyenangkan, karena kami bisa menyatu dengan alam dan menikmati keindahannya setiap saat. Disini, kami juga tidak perlu biaya yang mahal untuk piknik keluarga. Setiap akhir pekan, banyak keluarga menghabiskan waktu liburnya di tempat-tempat wisata yang tersedia di desa. yaitu beraragam air terjun dan wisata sejarah. Tentu ini menyenangkan. Kami menyukuri segalasesuatunya, dan mencoba untuk terus menjaga keindahannya. Karena jika bukan kita yang menjaga dan merawat alam, siapa lagi?. (Dyah)

About Desa Sumbersalak

Check Also

IMG-20180910-WA0076

WARGA SUMBERSALAK SAMBUT TAHUN BARU ISLAM DENGAN PAWAI OBOR

RATUSAN  Santri, siswa, dan masyarakat  desa Sumbersalak mengikuti arak arakan pawai obor menyambut tahun baru …

One comment

  1. sekarang, banyak warga desa yang lebih melek canggih daripada orang kota..

    oiya, ngomong-ngomong. ada bagusnya kalau upload gambar diatur dua kali, pertama di gambar fitur/ gambar andalan. yang kedua,gambar di dalam konten…. gambarnya sama gak apa-apa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *