Home / Kabar Desa / Jika Musim Kemarau Menjangkit ke Desa

Jika Musim Kemarau Menjangkit ke Desa

Karanganyar merupakan sebuah dusun di desa Sumbersalak yang letaknya sangat dekat dengan hutan. Bahkan sebagian masyarakatnya bermukim di hutan. Selain alasan berkebun, mereka juga tidak punya lahan untuk bermukim di desa. Rumah-rumah mereka letaknya terpencil dan tidak ada aliran listrik. Ketika musim kemarau tiba, banyak masyarakat dusun Karanganyar kesulitan mencari sumber air bersih. Sumber air yang biasa mereka gunakan mengering, dan terpaksa harus turun ke desa untuk mengambil air bersih. Jarak tempuh yang cukup jauh ke pusat desa, mengharuskan mereka menggunakan sepeda motor untuk mencari air. Kesulitan mencari air juga berdampak pada pengeluaran yang terus bertambah, khususnya untuk membeli bahan bakar sepeda motor.

Selain itu, bukan hal yang mudah mencari air bersih ke desa, selain jarak yang jauh medan yang ditempuh juga cukup berat. Tak jarang mereka terjatuh saat melewati tanjakan. Biasanya mereka membawa dua hingga tiga jerigen yang setiap jerigennya berisi 30 liter. Air yang mereka ambil biasanya hanya untuk keperluan memasak dan mencuci piring. Untuk keperluan mandi dan mencuci baju biasanya langsung ke sumber air yang ada di desa. (Dewi)

About Desa Sumbersalak

Check Also

Screenshot_20191109_123020

Ibu Pintar di Rumah Inspirasi Ledokombo Gunakan Aplikasi Penentuan Menu Makan bagi Balita

Setiap ibu berkeinginan memberikan yang terbaik bagi anaknya. Selepas ASI eksklusif, seringkali ibu merasa kebingungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *