Home / Kabar Desa / KEMKOMINFO RI SOSIALISASIKAN REDESIGN USO

KEMKOMINFO RI SOSIALISASIKAN REDESIGN USO

DEMI PERKOKOH KEDAULATAN BANGSA :

“BERSAMA MUI JEMBER, KOMISI I DPR RI DAN KEMKOMINFO RI SOSIALISASIKAN REDESIGN USO”

bcd30686-f5ba-4171-91cf-6104a7cfa570Tim Redaksi Sumbersalak (TIRES). Bersama MUI Jember, Komisi I DPR RI bersama rekan kerjanya, yakni Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) gelar dialog kebangsaan dengan tema, “Sosialisasi Redesain USO dalam Rangka Pemanfaatan Internet di Era Digitalisasi untuk Kedaulatan Bangsa”. Kegiatan tersebut berlangsung di Pondok Sofa Marwa milik Ketua MUI Jember, Prof. Dr. H. Halim Soebahar, MA. pada hari Jum’at, 20 Oktober 2017.

“USO (Universal Service Obligation) merupakan bagian dari kewajiban pemerintah dalam memberikan pelayanan universal di bidang telekomunikasi dan informatika kepada publik. Kewajiban pelayanan tersebut dilakukan untuk mengurangi kesenjangan digital di daerah khususnya daerah pedesaan, tertinggal, dan terluar, yang secara ekonomi sulit dilakukan oleh penyelenggara telekomunikasi komersial”, jelas Dhia Anugrah Febriansa, Kemkominfo RI (Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia), salah satu nara sumber.

Ia menjelaskan bahwa data statistik pengguna internet Indonesia mencapai 132,7 Juta dari total populasi penduduk Indonesia 256,2 juta orang. Komposisi pengguna internet Indonesia, 62% oleh Pekerja atau Wiraswasta, 16,6% oleh IRT, 7,8% oleh Mahasiswa, 6,3% oleh Pelajar, 0,6% lainnya.

“Paket langganan internet mobile yang digunakan paling banyak melalui Handphone atau android dengan paket bulanan  yakni mencapai 90,2% atau sekitar 119,6 juta paket bulanan. Sedangkan perilaku pengguna internet Indonesia paling besar pada dua konten yaitu 62% Konten Komersial atau Online Shop dan 54% konten media sosia yakni Facebook”, Tambahnya.

Drs. MH. Sayiful Bahri Ansori, MP. nara sumber dari Komisi I DPR RI, menjelaskan bahwa, Esensi utama rancang ulang adalah tetap melanjutkan program eksiting namun berubah mekanismenya, yaitu tidak lagi bersifat “Top Down” dari pusat ke daerah tetapi dari daerah ke pusat yang juga disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

Ia juga menjelaskan bahwa pernah memberitahukan program komputer dan layanan internet gratis pada Pondok Pesantren Nuris Jember namun tidak ada respon dari pemerintah daerah jember.

“Padahal ini kan dana yang di dapat dari anda membeli layanan internet, sayang kalau tidak diambil program ini. Sia-sia jadinya”, Tambah Drs. MH. Sayiful Bahri Ansori, MP., Komisi I DPR RI

Ketua MUI Jember, Prof. Dr. H. Halim Soebahar, MA, sebagai pemateri menjelaskan, manfaat internet antara lain, menambah ilmu pengetahuan, mendapatakan informasi, sebagai media komunikasi, serta memperbanyak kolega.

“Mudaratnya antara lain, dapat terjadinya pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, media provokasi, serta penyebaran virus”, tambahnya.

Kegiatan sosialisasi diselenggarakan oleh SBA Institut dan berlangsung selama satu hari dan diikuti oleh peserta dari berbagai profesi, Akademisi, Guru, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa, serta organisasi kemahasiswaan./dik/

About Desa Sumbersalak

Check Also

IMG-20171028-WA0023

Mantapkan kinerja Pengurus, Pengurus UKPK IAIN JEMBER adakan Rapat Kerja di desa sumbersalak

Pengurus baru salah satu di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember yang tergabung dengan Unit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *