Home / Kabar Desa / Hebat! Swadaya Warga Dusun Juroju Bangun Jembatan

Hebat! Swadaya Warga Dusun Juroju Bangun Jembatan

0f2cb030-f77a-4230-be19-e36857c7fb43Warga RT. 1/ RW. 20 Pedukuhan Panggung, Dusun Juroju, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember sedang bahu membahu membangun jembatan penghubung antara RT 1 dan RT 2. Jembatan ini merupakan satu-satunya akses bagi warga RT 1 untuk bersekolah, mencari nafkah, dan untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

 “Yang mengkoordinir pengumpulan dana ya dari warga setempat, dalam hal ini Agus atau P. Fadil sehingga dana yang terkumpul murni atas iuran warga Panggung. Ini murni swadaya dari warga setempat, tidak ada bantuan PU”, kata Rifa’i salah satu tokoh masyarakat setempat.

Untuk kelancaran pembangunan jembatan tersebut juga terlihat beberapa warga RT lainnya yang datang membantu.

“Walaupun ini murni swadaya dari masyarakat namun pemerintah desa sumbersalak merupakan penanggung jawab dari pembangunan jembatan ini, dalam hal ini ya tentunya kepala desa sumbersalak bapak abdul haki bertanggung jawab penuh atas terlaksananya pembangunan ini”, ujar Salah satunya warga RT 1 RW 18 yang sedang membantu, Agus Wijaya, kepada Tim Redaksi Sumbersalak (TIRES). 14/10/2017

Selain iuran dari warga RT 1 RW 20, mereka juga menggalang dana bagi warga RT lain yang ingin berpartisipasi dengan menggunakan sebuah kardus bertuliskan, “Mohon Bantuan Amal untuk Pembangunan Jalan”, yang diletakkan disamping jembatan tempat warga lain beralalu lalang.

Saat ini pembangunan jembatan ini sedang membutuhkan kurang lebih 50 Sak Semen. Biaya untuk  pembangunan jembatan tersebut ditaksir akan menghabiskan dana puluhan juta rupiah.

“Jembatan tersebut sudah bertahun-tahun pembangunannya tak kunjung usai karena faktor dana yang sedikit. Selain faktor dana, juga letak jembatan tersebut berada diatas sungai besar atau warga setempat menyebutnya “Sungai Gila” yang merupakan aliran dari Gunung Raung sehingga sering diterjang banjir. Kata Gunawan, salah satu tokoh masyarakat setempat.IMG-20170124-WA0038

“Sampai saat ini jembatan tersebut belum mendapat bantuan apapun dari pemeritah daerah sehingga aktifitas warga sering terganggu. Seolah-olah didiskriminasi. Sekarang ayo kita bantu saudara kita ini supaya pembangunan jembatan tersebut segera rampung”, pungkasnya.(dik)

About Desa Sumbersalak

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *