Home / Kabar Desa / PEMUDA DESA SUMBERSALAK GELAR PELATIHAN JURNALISTIK

PEMUDA DESA SUMBERSALAK GELAR PELATIHAN JURNALISTIK

IMG-20170317-WA0050
Tim Redaksi Sumbersalak (TIRES)

Ledokombo – Pengetahuan tentang jurnalistik saat ini semakin dibutuhkan, tidak hanya bagi pekerja media, tapi juga masyarakat umum. Kondisi inilah yang mendorong para pemuda Desa Sumbersalak untuk mengadakan pelatihan jurnalistik. “Kami ingin meningkatkan kualitas penulisan dari teman-teman anggota Tim Redaksi Sumber Salak. Selain itu, kami juga mengundang beberapa pemuda di luar Desa Sumbersalak,” ujar Iwan Joyo, Pemimpin Tim Redaksi Sumbersalak (Tires) yang menginisiasi pelatihan jurnalistik tersebut.

            Mengundang dua pemateri yang merupakan aktivis Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Friska Kalia dan Hana. Selama sekitar 3 jam, sekitar 15 peserta pelatihan diajarkan teori dan praktek penulisan berita, sesuai kaidah jurnalistik. “Semoga setelah mengikuti pelatihan ini, kami bisa lebih terampil mengolah berita mulai dari proses pencarian hingga penyajjian yang menarik yang baik dan benar,” tutur Iwan.

            Pengetahuan teknik jurnalistik, bagi Iwan sangat dibutuhkan dalam upayanya untuk mengembangkan jurnalisme warga. Karena mereka berharap, potensi yang ada di desa yang cukup jauh dari pusat kota ini, bisa lebih disebarluaskan. “Meskipun kami memang sering diremehkan dan tidak dianggap oleh pemerintah desa di sini,” tutur alumnus IAIN Jember ini.

IMG-20170128-WA0000
Tim Redaksi Sumbersalak (TIRES)

            Salah satu peserta, Didik, mengaku cukup antusias mengikuti pelatihan jurnalistik. Dengan aktif dalam Tires, ia berharap bisa menghasilkan berita, terutama berita feature, yang memiliki ruh tersendiri dan diminati pembaca. “Ada kepuasan tersendiri ketika potensi dari desa saya bisa dikenal masyarakat luas,” ujar Didik.

            Selama setahun terakhir, Iwan dan rekan-rekannya di Tires memang giat mengembangkan jurnalisme warga (citizen journalism) berbasis desa. Melalui website rintisan dan memaksimalkan potensi media sosial, mereka giat menulis berita-berita seputar kejadian dan segala potensi yang ada di Desa Sumbersalak, yang berada cukup jauh dari pusat kota Jember. Mereka antara lain aktif mempromosikan potensi wisata seperti air terjun Damar Wulan dan air terjun Anjasmoro serta peluang UMKM yang ada di desa tersebut. “Di desa kami sebenarnya ada banyak industri rumahan yang jika dikembangkan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Selain makanan ringan dan minuman herbal, saat ini di desa kami sedang mengupayakan produk kopi kemasan yang kami namakan Kopi Deso,” pungkas Iwan. (ad)

Oleh : Adi Faizin (Radar Jember)

About Desa Sumbersalak

Check Also

IMG-20171028-WA0023

Mantapkan kinerja Pengurus, Pengurus UKPK IAIN JEMBER adakan Rapat Kerja di desa sumbersalak

Pengurus baru salah satu di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember yang tergabung dengan Unit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *