Home / Kabar Desa / MENJAGA KEKEBALAN TUBUH DIMUSIM PENGHUJAN  

MENJAGA KEKEBALAN TUBUH DIMUSIM PENGHUJAN  

manfaat-hujan-bagi-tanaman
Foto From Google

Indonesia merupakan salah satu negeri yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Sejak awal tahun 2017 hingga bulan Februari hujan terus mengguyur sehingga debit air semakin tinggi. Kondisi semacam ini tentu akan berdampak baik pada lingkungan maupun manusianya.

Tak terkecuali Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Jawa Timur yang curah hujannya juga tinggi. Bagi sebagian orang hujan merupakan keuntungan karena untuk lahan pertanian kebutuhan air menjadi tak sulit lagi. Namun yang harus lebih diwaspadai lagi adalah kekebalan tubuh dimusim hujan agar masyarakat tetap menjalankan aktifitasnya sehari-hari. Tentu kita tak ingin hujan menjadi penghalang beraktifitas karena kesehatan terganggu.

Penting bagi kita untuk menjaga agar tubuh kita tetap kebal dimusim hujan sehingga dapat terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi sebagian warga disini banyak yang berprofesi sebagai petani dan buruh tani yang dalam kesehariannya harus berjibaku dengan derasnya hujan. Maka perlu untuk mengetahui beberapa tips agar badan tetap bugar dimusim hujan agar rejeki tetap lancar.

Dikutip dari http://bidanku.com, berikut tips-tips agar tubuh tetap bugar dimusim hujan oleh Tim Redaksi Sumbersalak (TIRES),

Pertama, kebersihan Lingkungan, hujan yang terus menerus mengguyur lingkungan kita maka banyak sekali sampah dari daun-daun dan ranting yang terseret dan mengendap lalu akan membusuk sehingga mudah menjadi tempat berkembang biak bibit-bibit penyakit seperti kuman dan bakteri.

Maka sangat diutamkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi untuk air hujan menggenang. Lingkungan teduh, lembab dan kotor akan menjadi berkembangbiaknya nyamuk demam berdarah. Al-hasil selalu jaga kebersihan lingkungan kita ya.

Kedua, konsumsi Vitamin, ketika pergantian dari musim kemarau menjelang musim hujan tubuh biasanya tidak secara langsung beradaptasi dengan cuacanya, tentu butuh proses terlabih dahulu sehingga akan mempengaruhi sistem imun atau kekebalan tubuh manusia akan melemah. Ketika kekebalan tubuh menurun maka penyakit akan mudah menyerang tubuh.

Maka sangat dianjurkan untuk mulai mengkonsumsi vitamin C dengan kandungan vitaminnya akan membantu anda meningkatkan fungsi sistem kekebalan dalam tubuh. Apalagi vitamin C sangat mudah didapatkan karena terdapat pada buah-buahan seperti jeruk dan semacamnya.

Ketiga, penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, musim hujan yang dingin membuat orang jarang merasa haus sehingga banyak orang yang mengabaikan konsumsi terhadap air putih. Faktanya baik musim kemarau maupun musim hujan kebutuhan cairan dalam tubuh tetap sama saja. Cairan dimusim hujan tetaplah dibutuhykan organ pencernaan agar tetap baik dalam mencerna makanan yang kita makan. Jadi, jangan abaikan lagi kebutuhan cairan dalam tubuh ya.

Keempat, selalu “Higienis” setiap hari, dimusim penghujan kelmbapan begitu tinggi sehingga menyebabkan kuman dan bakteri akan berkembangbiak dengan pesat dan tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit. Media yang paling berpotensi masuknya kuman kedalam tubuh kita adalah tangan karena dalam setiap aktifitas apapun tangan lebih banyak berperan dibanding organ tubuh lainnya. Pastikan anda tetpa higienis setiap hari dengan cara selalu mencuci tangan setiap kali menyentuh objek, sebelum dan sesudah makan, serta setiap kali menyentuh toilet.

Kelima, perhatikan pola tidur, dinginya udara dalam musim hujan mengundang rasa kantuk yang tak tertahan. Namun jangan pernah menghiraukan rasa kantuk tersebut. Tapi bukan berarti kita harus mengabaikannya ya.

Istirahat dan tidurlah secukupnya saja dan jangan sampai tidur sampai berlebih karena akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Namun hindari juga begadang atau terjaga hingga larut malam.

Tidurlah dengan cukup akan dapat memulihkan sistem kekebalan tubuh. Maka pastikan anda memiliki waktu tidur yang cukup dimalam hari. (DIK-TIRES)

 

About Desa Sumbersalak

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *