Home / Kabar Desa / SUNGAI GILA BANJIR, AKTIFITAS WARGA MULAI TERGANGU

SUNGAI GILA BANJIR, AKTIFITAS WARGA MULAI TERGANGU

IMG-20170124-WA0003

Aktifitas warga yang tinggal disekitar Sungai Gila mulai terganggu. Warga Pedukuhan Panggung, Dusun Juroju, Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo, merasa kesulitan dalam beraktifitas. Hal ini disebabkan karena daerah ini hampir tiap hari diguyur hujan sehingga selalu terjadi banjir. Selain faktor banjir, hal ini juga diakibatkan oleh dua jembatan yang sudah rusak parah diterjang banjir seminggu lalu. Akibatnya warga setempat harus menyeberangi aliran banjir untuk beraktifitas.

“Tadi malam juga banjir deras banget”, ujar Imron, warga yang tinggal disekitar Sungai Gila kepada salah seorang Tim Redaksi Sumbersalak (TIRES).(3/2/2017)

Banjir juga mengakibatkan sejumlah siswa yang berasal dari daerah tersebut terpaksa tidak masuk sekolah. Menurut Dani, salah satu siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), teman-temannya banyak yang tidak masuk karena semalam banjir dan takut untuk menyeberangi aliran sungai.

“Siswa yang tidak masuk sekolah hari ini  sekitar belasan. Baik yang masih TK maupun yang sekolah dasar juga banyak yang tidak sekolah”, Kata Dyah, salah satu guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum, Desa Sumbersalak.

Sementara ini, dalam beraktifitas warga harus berjibaku dengan aliran sungai yang deras akibat banjir semalam. Untuk bisa menyeberang warga menggunakan alat seadanya seperti kayu dan bebatuan yang berserakan disekitar sungai.

Menanggapi hal tersebut, kepala desa Sumbersalak Abdul Haki menghimbau agar masyarakat desa Sumbersalak tetap waspada bencana terutama yang berada di pinggiran sungai Gila. “ Saya harap kepada masyarakat desa sumbersalak agar tertap waspada terutama di dusun Juroju dan Dusun Paluombo karena kedua dusun tersebut rawan bencana yakni tanah longsong dan banjir “ kata Hakki

Bahkan pemerintah desa Sumbersalak berjanji akan mengusahakan penangan akibat banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu untuk meminta perhatian dari instansi terkait terutama ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, jika memang tidak mampu akan di teruskan ke beberapa pihak terkait. “ Jika pemerintah daerah tidak mampu maka akan kita mintakan ke pusat. Mudah mudahan bisa membuahkan hasil dan peningkatan kesejahteraan masyarakat akan berjalan”. Imbuh Haki.

About Desa Sumbersalak

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *