Home / Kabar Desa / WISATA AIR TERJUN DI DESA SUMBERSALAK DIPADATI RIBUAN PENGUNJUNG

WISATA AIR TERJUN DI DESA SUMBERSALAK DIPADATI RIBUAN PENGUNJUNG

img-20170101-wa0062LEDOKOMBO –Mamasuki Awal Tahun 2017 Kawasan Wisata Damarwulan yakni Litle Niagara, Damarwulan Waterfall dan Anjasmoro Waterfall, dipadati ribuan  pengunjung di penghujung liburan sekolah tepatnya Liburan Tahun Baru 2017,  Minggu, 01 Januari 2017.

Pengunjung air terjun yang berada 30 kilometer kearah timur dari Pusat Kota Jember Jawa Timur ini , sebagian besar adalah pelajar dan wasatawan dari luar daerah tersebut.

Anggita, salah satu pengunjung, mengaku telah beberapa kali mengunjungi air terjun dikawasan Desa Sumbersalak kecamatan Ledokombo  ini,  namun tidak pernah merasa bosan.

Menurut mahasiswi asal kecamatan Puger  ini, pemandangan di sekeliling air terjun Damar Wulan ini sangat indah.

“Perkebunan dan hamparan sawah yang menghiasi sekitar Lokasi wisata ini masih lebat dan masih asri, dan banyak terdengar kicauan burung sehingga membuat suasana sangat alami, dan ini sangat jarang di temui di daerah lain” katanya.

Selain itu, masih kata Anggita, akses menuju lokasi wisata ini sangat mudah bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua, “ Sangat Jarang Air terjun bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua, bila dibandingkan dengan lokasi air terjun lainnya yang masih melewati tebing yang sangat curam dan aksesnya tidak mudah”. Lanjut Anggita Kepada Tim Redaksi Sumbersalak (TIRES)

Sementara itu, beberapa pengunjung lainnya menikmati air terjun dengan  bermandi di kolam kecil yang berda di kawasan air terjun Damar Wulan  yang dangkal, dengan kedalaman hanya sekitar satu meter hingga dua meter.

Dandik pengunjung lainnya, mengaku berkunjung ke air terjun Damar wulan hanya untuk sekedar beristirahat dan menikmati udara pedesaan. Sembari melepas penat setelah beraktivitas di kantornya

“Kalau di Kota Jember panas, di sini udaranya sejuk dan alami dan sangat khas dengan situasi pedesaan.” Kata PNS di lingkungan Pemkab Jember ini.

“ ini merupakan asset desa yang tidak ternilai harganya, saya harap ini di kelola dengan baik dan menegemennya harus di tata dan  penduduk sekitar bisa merasakan dan merasa terbantu dengan adanya tempat wisata ini.” Lanjut bapak dua anak ini.

Untuk menuju lokasi wisata yang berada di kawasan desa Sumbersalak ini, pengunjung tidak harus bingung selain dapat ditempuh menggunakan sepeda motor atau mobil juga terdapat banyak penunjuk arah.

Selanjutnya, para pengunjung yang menggunakan kendaraan Roda dua bisa langsung menuju ke lokasi Air terjun dan jika menggunakan mobil pengunjung harus memarkirkan kendaraan yang berjarak kurang lebih 500 meter dari lokasi wisata.

Sebelum mengunjungi Air terjun tersebut alangkah baiknya para pengunjung untuk singgah ke kampung Jamu yang berjarak 1 kilometer dari lokasi wisataAir terjun tersebut, disana para wisatawan dimanjakan aneka jamu buatan ibu ibu mantan buruh migrant Indonesia (BMI) yang tergabung dengan kelompok Sekarwangi, seperti Jamu Asam Urat, jahe Instan dan lain sebagainya. Selain itu para pengunjung juga bisa mencicipi aneka kopi khas desa Sumbersalak dengan rasa Ndeso. Tidak hanya itu para pengunjung yang berkunjung ke Desa Sumbersalak juga bisa mendapatkan khas Camilan Desa seperti Cemilan Damarwulan, landrang, dan kripik manis serta permen Kepompong, yang itu semua merupakan karya warga Sumbersalak. One

About Desa Sumbersalak

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *