Home / Kabar Desa / BANJIR JADI TONTONAN WARGA

BANJIR JADI TONTONAN WARGA

Banjir setinggi satu meter IMG-20170115-WA0043jadi tontonan warga sekitar di Dusun Juroju Kecamatan Ledokombo. Sungai yang berada tepat dikaki Gunung Raung ini sudah menjadi langganan banjir. Menurut warga setempat mungkin didaerah timur sedang hujan deras sehingga terjadi banjir.

Banjir datang secara tiba-tiba. Para penambang pasir kala itu sedang menaikkan pasir keatas truk milik salah satu pedagang pasir. Truknya belum bersisi penuh lalu penambang lain yang ada jauh didepannya  berteriak bahwa banjir datang. Akhirnya tru
k pun terpaksa harus dipinggirkan dari aliran sungai. Pasir yang telah ditumpuk pun ikut tersapu oleh derasnya arus sungai. Dari pagi hari cuaca didaerah ini memang sudah mendung bahkan sejak terbit fajar daerah ini sudah dilanda hujan.

Menurut Suyit, pedangang pasir pertama didaerah ini, mengatakan bahwa,

“Kalo banjirnya deras begini maka semua tanggul penahan pasir milik penambang akan terisi penuh. Tapi kalo tidak banjir seperti ini maka arus airnya kecil sehingga tanggul tidak tersisi semua. Kasian penambang pasir yang tanggulnya ada dibelakang akan terisi sedikit. Sedangkan yang tanggulnya ada didepanakan terisi penuh. Kasian yang dibelakang, ujarnya kepada salah satu Tim Redaksi Sumbersalak (TIRES), Minggu, 15 Januari 2017”.

Banjir sempat mengganggu aktifitas para penambang namun kondisi ini dimanfaatkan untuk meraup rupiah. Bahkan sejak fajar mereka memang sudah berada disungai tersebut untuk mengais pasir yang sebelumnya memang sudah ditanggul agar pasir yang terbawa oleh arus sungai mengendap. Bagi para penambang banjir seperti ini sudah menjadi pemandangan yang sudah biasa.

Bagi warga sekitar jika banjir berlangsung cukup lama akan dapat melumpuhkan satu-satunya akses jalan yang menghubungkan dua pemukiman warga yang terbelah oleh aliran sungai tersebut. Salah satu bangunan jembatan dianatara dua pemukiman penduduk ini juga belum selesai karena terkendala dana. Saat ini jembatan hanya dapat digunakan oleh pejalan kaki saja.  “Dananya belum turun makanya jembatan ini belum terselesaikan, tambah Suyit”.(TIRES)

About Desa Sumbersalak

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *