Home / Kabar Desa / CALON PENERIMA PKH SUMBERSALAK HADIRI SOSIALISASI

CALON PENERIMA PKH SUMBERSALAK HADIRI SOSIALISASI

Exif_JPEG_420

Lebih dari 200orang warga Desa Sumbersalak kecamatan Ledokombo kabupaten Jember, 06/10/2016  kemarin mendatangi kantor balai desa setempat. Kedatangan mereka untuk menghadiri sosialisasi dari petugas tenaga pendamping PKH ( Program Keluarga Harapan).

Sosialisasi ini dilakukan karena banyak warga masih belum faham dan mengerti jika bantuan yang diterima itu dari pemerintah pusat.

Asmaul Hasanah, tenaga pendamping PKH Desa Sumbersalak menjelaskan warga yang datang di kantor desa tersebut masih calon peserta PKH.

Wujud program ini berupa bantuan non tunai bersyarat dan sistemnya juga ada kelanjutnya. Dimaksud bersyarat ada beberapa syarat langsung dari pusat. Bukan dari pemerintahan desa atau lainya.

Menurutnya, program PKH ada beberapa sekmen yang dituju seperti kesejahteraan sosial,kesehatan dan pendidikan. “Ketentetuan kesejahteraan sosial itu dapat menyeimbangkan pola pikir warga atau kesadaran. Contohnya jika ada warga yang sudah mampu dan mapan tetapi pada tahun-tahun sebelumnya mendapatkan PKH maka pada tahun berikutnya sebaiknya menolaknya.Dikarenakan program ini,hanya untuk keluarga KSM yakni Keluarga Sangat Miskin, “ ungkap  Gadis yang akrab di panggil Uul ini kepada Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)

Seperti dilansir dari situs www.wensema.com. PKH adalah program yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memenuhi kriteria tertentu, dan sebagai syaratnya, RTSM penerima program harus dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yaitu pendidikan dan kesehatan anggota keluarganya.  PKH bukan pengganti atau kelanjutan dari Program Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan bukan salah satu unit dari kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Tujuan PKH adalah untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin.  Tujuan tersebut sekaligus sebagai upaya mempercepat pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs). Penerima bantuan PKH adalah RTSM yang memiliki anggota keluarga yang terdiri dari anak usia 0-15 tahun dan atau Ibu hamil/nifas.  Bantuan tunai hanya akan diberikan kepada RTSM yang telah terpilih sebagai peserta PKH dan mengikuti ketentuan yang diatur dalam program.  Tires

About Desa Sumbersalak

Check Also

IMG-20171028-WA0023

Mantapkan kinerja Pengurus, Pengurus UKPK IAIN JEMBER adakan Rapat Kerja di desa sumbersalak

Pengurus baru salah satu di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember yang tergabung dengan Unit …

One comment

  1. banyak wali murid minta surat keterangan… tapi mereka tidak mengatakan dengan jelas untuk apa, sehingga pihak sekolah kadang bingung,,,, maka kami buat seadanya, jika ada kekeliruan mohon maaf akan kami buatkan kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *