Home / Kabar Desa / KRUPUK GURIH DARI DAUN KELOR

KRUPUK GURIH DARI DAUN KELOR

img-20160914-wa0073“Kerupuk kelor ini adalah percobaan baru dari ibu-ibu, kita tidak pakai tepung terigu, tetapi pakai tepung tapioca sebagai gantinya”. Tutur Ibu Enik saat ditemui di sela-sela pembuatan jamu. (Rabu, 17/08/16)
Cara pembuatannya pun cukup mudah, langkah pertama adalah menyiapkan bahan-bahannya, antara lain daun kelor, tepung tapioca, bawang putih, garam, dan air mendidih. Setelah bahan siap, campurkan semua bahan dan diaduk sampai rata. Adonan yang sudah terbentuk kemudian dimasukkan dalam plastic dan diikat kemudian di masak dalam air mendidih. Setelah matang, kemudian di angkat dan di tunggu sampai dingin untuk kemudian diiris tipis. Setelah diris dijemur sampai kering. Jika sudah kering, baru kemudian bisa digoreng dan dinikmati.
Nah, kebetulan pada hari itu kedatangan tamu dari Jakarta yaitu Ibu wan yang berkunjung ke petung, setelah melaksanakan upacara penaikan bendera di lapangan Ledokombo. Krupuk daun kelor adalah salah satu suguhan yang di hidangkan oleh Ibu Enik dan Ibu dampingan jamu lainnya. Ibu wan terkejut saat ibu-ibu memberitahukan tentang krupuk daun kelor. Seperti setengah ragu dan penasaran saat ibu wan diberitahu tentang hal itu.
“wah, krupuk daun kelor? Yang benar Bu?” Respon ibu wan saat diberi tahu ibu-ibu dampingan bahwa ada krupuk daun kelor.
Ibu wan merespon sangat baik terhadap kreasi Ibu-ibu di petung. Ibu wan juga memberikan dukungan semangat kepada ibu-ibu dampingan jamu dalam menjalankan produksi jamu yang sedang berlangsung. Semoga semangat yang ditularkan Ibu wan bisa memotifasi ibu-ibu di petung dalam mengembangkan usaha jamu yang sedang berjalan.
Krupuk ini juga menjadi salah satu suguhan dalam acara kunjungan kunjungan kedutaan besar Australia di Desa Sumbersalak, yang didalamnya turut hadir beberapa lembaga terkait seperti Migrant care, Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, Dispenduk capil, jajaran SKPD kabupaten jember. (Ruroh)

About Desa Sumbersalak

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *