Home / JURNALISME WARGA / AKTE DAN KK, SEHARI BERES….

AKTE DAN KK, SEHARI BERES….

LANGSUNG SELESAI: Program administrasi on the spot dismabut antusias warga Desa Sumbersalak. Apalagi dalam sehari semua langsung klir.

Layanan Administrasi On The Spot oleh Dispendukcapil – Ratusan warga Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo berkumpul di balai desa, kemarin (23/8). Mereka hendak membuat Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Pelayanan admin

istrasi on the spot yang diselenggarakan Dispendukcapil Jember itu bisa selesai dalam sehari.
“Kecuali KTP, karena harus cetak di kantor Dispendukcapil,” kata kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil, Arief Tyahyono di Sumbersalak, Ledokombo.
Pembuatan KK dan Akte yang dilakukan di kantor desa itu merupakan peningkatan pelayana pemberian hak masyarakat.
Sehingga, mereka tidak perlu menunggu jika hendak mengurus keperluan yang membutuhkan administrasi kependudukan. Karena sudah ada kepastian hukum dan kepemilikan dokumen. “ini baru pertama kita coba on the spot,” tuturnya.
Ternyata, kata dia, masyarakat sangat antusias menyambut proses pembuatan akte maupun KK. Terbukti, ada sekitar 800 masyarakat dari empat dusun Desa Sumbersalak yang memanfaatkan pelayanan on the spot tersebut. Padahal awalnya hanya 400 warga.
Pembuatan akte dan KK secara langsung itu memang membutuhkan proses yang cukup panjang. Karena masyarakat, kepala desa serta camat harus mempersiapkan data terlebih dahulu. “Mereka dibantu Komunitas Tanoker sudah mempersiapkan berkas sejak tiga bulan lalu,” terangnya.
Pria yang akrab disapa Arief tersebut menjelaskan, proses pembuatan akte dan KK lama karena berkas yang masih belum lengkap. Sehinnga mereka harus bolak-balik mengurusi sejumlah tempat.
“Kami ingin menghindari kesan kalau pembuatan KK atau akte lama,” ujarnya.
Padahal, kalau berkas data sudah lengkap, dalam sehari sudah bisa jadi. “Ini on the spot. Orangnya bisa langsung mengajukan dan ditandangi di tempat, langsung kami serahkan saat itu,” ucapnya.
Bahkan, lanjut dia, kalau semua masyarakat desa serta pihak kecamatan kompak dalam mempersiapkan berkas. Maka Dispendukca[pil bisa melakukan pelayana administrasi kependudukan on the spot di seluruh desa yang ada di kecamatan Jember.
Begitu juga dengan pengurusan akte kelahiran bagi anak buruh migran. Semua itu bisa dilakukan tanpa harus didampingi oleh kedua orang tuanya. “Bisa dibantu oleh nenek, ibu atau saudaranya,” ucapnjya.
Sementara Kepala Desa Sumbersalak, Abdul Haki mengaku masyarakat terbantu dengan pelayanan tersebut. Mayoritas masyarakat banyak yang membuat akte kelahiran dan kartu keluarga. “Mereka memang ada yang tidak punya akte kelahiran,”tuturnya.
Administrasi kependudukan itu penting bagi masyarakat. Sebab, ketika ada bantuan langsung tunai, atau pendataan sangat dibutuhkan. Sehingga masyarakat didorong untuk membuat kelengkapan administrasi kependudukan.
Sedangkan Eko Heru
Sunarso,Kepala Dinas Sosial Jember yang juga hair dalam kegiatan itu menambahkan, Desa Sumbersalak merupakan daerah yang warganya seb
agai buruh migran. “Buruh migran sendiri masuk dalam kategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS),” tuturnya.
Sehingga, masyarakat yang sudah terdata itu bisa menjadi pilot project agar warga Sumbersalak tidak kembali lagi menjadi buruh migran. Tetapi mendapat pemberdayaan melalui pelatihan. Selama ini, khusus buruh migran langsung mendapat pelatihan dari Kementrian Tenaga Kerja.
“Karena WNI harus ter-register, sehingga memudahkan Dinsos dalam pengecekan data buruh migran,” pungkasnya.
Karena Komunitas Tanoker, Supo Raharjo menambahkan, pembuatan akte kelahiran bagi anak buruh migran mendapat pendampingan, baik dari keluarga maupun aktivis buruh migran. “Ada sekitar 130 buruh migran warga Sumbersalak yang menjadi buruh migran,” tandasnya. (gus/hdi/ram/jawapos.com)

Jawa Pos, 24 Agustus 2016

About Desa Sumbersalak

Check Also

IMG-20171028-WA0023

Mantapkan kinerja Pengurus, Pengurus UKPK IAIN JEMBER adakan Rapat Kerja di desa sumbersalak

Pengurus baru salah satu di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember yang tergabung dengan Unit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *