Home / Kabar Desa / RATUSAN BERKAS  ADMINTRASI KEPENDUDUKAN  SIAP DIPROSES

RATUSAN BERKAS  ADMINTRASI KEPENDUDUKAN  SIAP DIPROSES

IMG-20160822-WA0009Dinas Kependudukan (DISPENDUK) Jember gratiskan pembuatan Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Desa Sumbersalak. Sedangkan berkas pengajuan yang berhasil terkumpul sudah mencapai sekitar 700 berkas pengajuan dan dinyatakan siap diproses oleh Pemerintah Desa Sumbersalak. Berkas tersebut adalah jumlah keseluruhan dari pengajuan pembuatan Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Berkas pengajuan KK Akte Kelahiran, serta KTP, sudah dipilah masing-masing Dusun, sudah memenuhi syarat-syarat, dan sudah ditanda tangani oleh Bapak Abdul Haki selaku Kepala Desa Sumbersalak, ujar Ika Indawati, Kepala Urusan Kepemerintahan Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo.

“Se-Kecamatan Ledokombo, hanya Desa Sumbersalak yang ada program gratis seperti ini”, Tambah Abdul Haki, Kepala Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo.

Persiapan ini sudah dilakukan sejak awal bulan Mei 2016, dan semua berkas sudah benar-benar siap diproses di kantor Desa Sumbersalak pada tanggal 23 Agustus 2016. Dalam kegiatan ini, yang bertanggugjawab adalah Kepala Urusan Kepemerintahan dibantu oleh Kepala Desa, semua Kepala Urusan Desa Sumbersalak, baik dalam proses registrasi, entri data, serta persiapan lainya.

Pihak luar Desa Sumbersalak yang amat membantu dalam persiapan ini yakni, Komunitas belajar TANOKER, baik dalam hal pendataan warga yang ingin membuat KK, Akte Kelahiran, serta Kartu Tanda Penduduk KTP, khususnya warga Buruh Migran dan anak-anak yang didampinginya, bahkan berkasnya sudah mereka koreksi sendiri secara berulang-ulang  sehingga memudahkan kinerja Pemerintah Desa Sumbersalak dalam kegiatan ini.

“Sedangkan hal-hal yang tidak bisa diproses di kantor desa sumbersalak antara  lain, pertama, seorang anak yang belum terdaftar di KK maka tidak bisa membuat Akte Kelahiran, caranya harus membuat KK dulu, baru bisa buat Akte Kelahiran dikemudian hari nanti namun sudah tidak gratis lagi karena sudah diluar program ini. Kedua, warga yang tidak mempunyai surat nikah, juga tidak dapat membuat KK, dapat membuat KK tapi dengan status “Anak Mama”, hal ini memang sudah keputusanan dari Dinas Kependudukan Jember ya. Ketiga, perbedaan nama seseorang yang terlalu jauh antara Kartu Keluarga dengan Surat Nikah maka harus sidang dulu di Pengadilan Negeri Jember”, tambah Ika.

Sedangkan kesulitan yang dihadapi ketika persiapan yaitu, pertama, terhadap masyarakat yang masih awam, harus menjelaskan berulang-ulang proses pengajuan pembuatan KK, Akte Kelahiran, dan KTP. Kedua, mengoreksi secara berulang-ulang berkas yang sudah diterima agar benar-benar sudah memenuhi ketentuan yang sudah ada. Ketiga, bagi masarakat yang belum pernah mengurusi dokumen seperti ini juga akan merasa kesulitan pada awalnya.

Ibu dengan satu anak ini juga menjelaskan, tidak ada keluhan dalam persiapan ini karena memang sudah menjadi tanggungjawabnya. Bahkan semua Kepala Urusan kompak dalam mempersiapkan segala yang dibutuhkan, seperti dalam proses registrasi, entri data, dan persiapan lainnya. Persiapan ini menjadi mudah karena didukung oleh Bapak Kepala Desa, Abdul Hakki beserta seluruh KAURnya, juga masyarakat yang mampu memahami semua syarat-syarat yang harus dilampirkan dalam pengajuan, serta didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.

“Kami sangat berharap, semua warga yang sudah mengajukan berkas untuk hadir, tertib, dan sabar menunggu giliran berkasnya diproses. Buat Kepala Desa, harus selalu ada di kantor desa agar memudahkan semua proses yang berlangsung, dan untuk seluruh Kepala Urusan, harus kompak lagi”, imbuh Ika, Jum’at, 19 Agustus 2016.

Pemerintah Desa Sumbersalak juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar melengkapi Dokumen kependudukan sebelum diperlukan, karena kebiasaan yang terjadi masyarakat melengkapi dokumen kependudukan saat sudah diperlukan saja. Dalam melengkapi Dokumen kependudukan, baik Surat Nikah, Ijazah, maupun dokumen lainnya, nama harus sama, sehingga tidak ada kesulitan saat dibutuhkan. (Dik-Kontributor)

About Desa Sumbersalak

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *