Home / Kabar Desa / SEMANGAT KEMERDEKAAN DARI DUSUN TERPENCIL, “JUROJU”

SEMANGAT KEMERDEKAAN DARI DUSUN TERPENCIL, “JUROJU”

Camera 360

Walaupum dusun Juroju terpencil tapi kita harus mengawali untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif ”, ujar Misli, Kepala Dusun Juroju Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo.

Bangga dengan hari kemerdekaan, Kepala Dusun (Kasun) Juroju, Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo, Bapak Misli, mempunyai inisiatif sendiri untuk membuat banyak kegiatan walaupun dusun-dusun yang lain masih sepi akan kegiatan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan.

Tepat dihari Rabu, 17 agustus 2016, bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posko 34 dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, dibantu masyarakat dengan dimeriahkan anak-anak setempat, mereka menyelenggarakan lomba-lomba yang diikuti oleh tingkat anak-anak sampai orang dewasa. Bahkan Pak Kasun sendiri pun ikut dalam lomba tersebut.

Sedangkan ketua panitia Indah, mahasiswi peserta KKN Posko 34 IAIN Jember  mengatakan, bahwa, “Merdeka itu adalah sebuah kemenangan jiwa, dengan kegiatan ini kami berharap masyarakat sadar bahwa kemerdekaan itu tidaklah mudah diraih tapi butuh sebuah perjuangan”.

“Walaupun dari segi infrastruktur masih lemah, terutama jalan yang sedang rusak, kami berharap masyarakat disini melek akan pentingnya pendidikan, kalau bisa sarjana semua”, tambah Pak Misli saat ditemui dirumahnya, Rabu, 17Agustus 2016.

Lomba-lomba yang akan diselenggarakan antara lain, pukul air dengan mata tertutup, makan kerupuk dengan tangan diikat, memasukkan paku kedalam botol, bahkan ada lomba panjat pinang dengan hadiah utama Sepeda Gunung dan banyak hadiah menarik lainya. Kegiatan ini diselengarakan mulai tangal 17 sampai dengan 20 Agustus 2016.

Camera 360

Sebagai kegiatan penutup, hari sabtu, 20 agustus 2016, kegiatan ini akan ditutup dengan “Penyuluhan Tentang Nikah Dini” yang akan disampaikan oleh salah satu Dosen dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember dan petugas dari PUSKESMAS Ledokombo. Dan di akhiri dengan nonton bareng film yang bernuansa pendidikan bagi semua masyarakat.

Dalam kegiatan selama empat hari ini, ditaksir akan menelan biaya sekitar Rp. 6.500.000,00, biaya ini ditanggung oleh Bapak Kasun dan mahasiswa KKN IAIN  Jember, namun lebih banyak ditanggung oleh Bapak Kasun, baik dari segi perlengkapan dan peralatan.

Mereka berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi masyarkat Juroju untuk lebih semangat dan semakin maju dalam segala hal, baik dari segi pendidikan, sumberdaya alam, serta sumberdaya manusianya.(Didik)

Save

Save

About Desa Sumbersalak

Check Also

IMG-20171028-WA0023

Mantapkan kinerja Pengurus, Pengurus UKPK IAIN JEMBER adakan Rapat Kerja di desa sumbersalak

Pengurus baru salah satu di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember yang tergabung dengan Unit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *