Home / Kabar Desa / Lomba Cerdas Cermat Meriahkan HUT RI Ke-71

Lomba Cerdas Cermat Meriahkan HUT RI Ke-71

IMG-20160826-WA0017

Berbagai perlombaan sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk merayakan peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia 17 Agustus 2016, begitu pula dengan Pemerintah desa Sumbersalak  yang melaksanakan kegiatan lomba yang diantaranya lomba cerdas cermat, Senin, 22 Agustus 2016

Tanpak puluhan peserta didik perwakilan SD dan MI se Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo antusias mengikuti lomba tersebut yang digelar di Pendopo Sumbersalak Kegiatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-71 tersebut diselenggarakan mahasiswa KKN IAIN Jember kerjasama Pemerintah Desa Sumbersalak.

Acara dimulai tepat pukul 08.30 WIB. Namun kompetisi baru dimulai pada pukul 08.40 WIB. sebelum kompetisi dimulai terlebih dahulu MC menyampaikan tujuan dilaksanakannya cerdas cermat, membacakan petunjuk teknis pelaksanaan dan memperkenalkan dewan juri, serta melakukan senam konsentrasi sebagai pemanasan agar peserta tidak tegang.

“Tujuan lomba ini adalah agar kita tetap semangat untuk belajar untuk masa depan kita.” Kata Haris selaku panitia dalam acara tersebut, yang disampaikan disela-sela pembukaan acara cerdas cermat dibalai Desa Sumbersalak .

Dalam Pantauan Tires (Tim Redaksi Sumbersalak) kompetisi tersebut dibagi menjadi 4 babak, babak pertama adalah babak penyisihan, setiap team yang terdiri masing-masing tiga orang menjawab 40 soal tertulis dalam waktu 20 menit. Dua Team yang mendapat nilai terendah dua diantara keterwakilan SD  harus mengakhiri kompetisi dan belajar kembali disekolah. Sementara lima sekolah lainnya berhak mengikuti babak selanjutnya. Babak kedua tim yang berhasil lolos, kembali harus menjawab 20 soal tertulis dalam waktu 15 menit. Namun sayang, salah satu keterwakilan SD  harus mengakhiri kompetisi karena mendapat nilai terendah. Disela-sela menunggu hasil koreksi, diisi dengan kegiatan yang menggugah semangat peserta diantaranya, tepuk semangat, tepuk pandu, tepuk merdeka, tepuk sandi, dan gerakan Marina menari. Kegiatan ini di pandu oleh panitia dan sebagian guru agar peserta tidak merasa penat setelah mengerjakan soal, juga tidak bosan selama menunggu hasil yang akan di umumkan. Di babak pertama dan ke dua Salah satu Madrasah Swasta di Sumbersalak  memimpin sementara dengan poin tertinggi dengan poin 1700.

Dan selanjutnya adalah melangkah kebabak ke tiga setiap tim diberi 10 pertanyaan yang harus dijawab secara langsung. Jika tim tersebut tidak bisa menjawab, maka akan dilempar pada tim lain yang mengangkat tangan pertama. Setiap menjawab benar maka diberi poin 100, dan jika berhasil menjawab benar dari hasil pertanyaan yang dilempar, maka poinnya 75. Team yang maju di babak ke tiga yaitu SDN Sumbersalak 03, SDN Sumbersalak 04, MI Nuruzzaman dan MI Nurul Ulum. Babak terakhir adalah babak penentuan dari kompetisi. Dalam babak ini Juri memberikan pertanyaan rebutan. Tim yang berhak menjawab, adalah yang pertama mengangkat tangan dan dipersilahkan Juri. Pada babak ke tiga, SDN Sumbersalak 04 berhasil memimpin dengan poin tertinggi yaitu 950. Pada akhir babak ke empat, poin yang diperleh kemudian di akumulasikan dan di dapat poin yang sama antara SDN Sumbersalak 04 dan MI Nurul Ulum yakni 2850. Karena soal sudah habis, maka panitia berinisiatif untuk memberikan satu soal tambahan yang akan menjadi penentu akhir kompetisi, dan akhirnya di menangkan oleh SDN Sumbersalak 04.

Dalam Pantauan Tires Acara yang sangat meriah dengan kehadiran sebagian guru dari masing-masing sekolah yang turut mengantar dan mendukung siswa/i nya. Serta siswa/i yang menjadi pendukung dari beberapa sekolah di Sumbersalak. Selain menjadi pendukung teman yang sedang berkompetisi dalam cerdas cermat, rupanya murid-murid tersebut juga ingin mendukung team futsal sekolah mereka yang masuk dalam final.

“Kami datang kesini ingin mendukung teman kami yang sedang ikut cerdas cermat, dan tim futsal yang masuk final.” Kata salah satu siwsi SDN Sumbersalak 02 saat menonton keseruan lomba di balai Desa Sumbersalak tadi pagi.

Sementara itu Kepala Desa Sumbersalak Abdul Haki saat di temui oleh Tires di tempat terpisah mengatakan jika Kegiatan tersebut   sangat bermanfaat hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme dari seluruh peserta lomba “ saya yakin dengan adanya kegiatan seperti ini bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi seluruh  warga sumbersalak untuk lebih serius lagi memperhatikan pendidikan  anaknya” Kata Haki (Ruroh)

About Desa Sumbersalak

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *