Home / ADVOKASI / DUA KEPALA DINAS KABUPATEN JEMBER  SERAHKAN LANGSUNG AKTE KELAHIRAN DAN KARTU KELUARGA

DUA KEPALA DINAS KABUPATEN JEMBER  SERAHKAN LANGSUNG AKTE KELAHIRAN DAN KARTU KELUARGA

Exif_JPEG_420
Penyerahan Akte Kelahiran Dan KK On The Spot oleh Kadinsos dan Kadisdukcapil secara Simbolik kepada salah satu warga desa Sumbersalakj

Dalam memberikan pelayanan prima, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jember , menyambangi Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kab. Jember. Kunjungan ini dalam program pembuatan Surat Akta Kelahiran (AKTE), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK) secara gratis. Kegiatan tersebut disambut antusias oleh warga Sumbersalak.

“Hampir  seribu  formulir yang sudah dipersiapkan, disamping itu juga kami berharap agar pembuatan KTP, Akte dan KK On The Spot ini, berlangsung Kondusif dan lancar  ujar Kepala Desa Sumbersalak, Abdul Haki kepada Team Redaksi Sumbersalak (Tires), 23 Agustus 2016

Ia mengungkapkan, banyaknya keluhan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan yang terkesan lama pun, semoga bisa terbantahkan dengan kegiatan ini.

“Program ini tidak dipungut biaya satu rupiah pun, alias gratis, karena bentuk pelayanan bagi masyarakat melalui Disdukcapil,” katanya.

Salah satu warga Sumbersalak  dusun karang Anyar, Wati merasa bersyukur dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan yang laksanakan oleh pemerintah desa Sumbersalak, selain mempermudah dirinya dalam memproses pembuatan Akte kelahiran anak kedua, juga membantu warga sumbersalak untuk mempermudah pembuatan administrasi kependudukan “ warga sudah mulai sadar akan pentingnya administrasi kependudukan, karna setiap akan mengurusi sesuatu seperti melamar kerja dan transaksi keuangan di bank bank yang di tanyai   KTP dan KK”. Kata Wati

“ Lebih – Lebih Jika akan mendaftarkan putra putrinya ke sekolah maupun akan kuliah di perguruan Tinggi, yang menjadi persyaratan utama dalah Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga” Lanjutnya.

Sementara itu, situasi di pendopo Desa Sumbersalak  kian siang masyarakat semakin menjubel dan  pengamanan mulai diperketat  karena sebagian masyarakat tidak bersabar untuk mengantri untuk mengambil berkas dokumen persyaratan yang telah distorkan jauh jauh sebelumnya.

“ Beruntung ada beberapa Mahasiswa KKN dari Unej dan IAIN Jember yang sangat membatu dalam pelaksanaan ini”. Kata Kasun Salak Hadi Raka siwi kepada Tires.

Tanpak hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Tanoker Ledokombo Dr. Suporahardjo, Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Arief Sucahyono, Kepala Dinas Sosial Eko Heru Sunarso dan Camat Ledokombo Hery Setiawan. Mereka mengapresiasi kegiatan yang di Fasilitasi oleh pemerintah Desa Sumbersalak.

“ Ini kesempatan langka, karena tidak semua desa di datangi oleh beberapa kepala dinas. Bahkan Bapak Arief Sucahyono selaku kepala Dinas Pendududkan dan Pencatatan Sipil, menandatangani KK dan Akte Kelahiran langsung di lokasi. Kata Camat Ledokombo Hery Setiawan

Dalam Pantauan Tim Redaksi Sumbersalak (TIRES) tampak kepala Dinas Sosial,  kepala disdukcapil dan camat Ledokombo menyerahkan secara Simbolik kartu Keluarga dan akte Kelahiran kepada salah satu warga di Balai Desa Sumbersalak. Iwan.

About Desa Sumbersalak

Check Also

IMG-20171028-WA0023

Mantapkan kinerja Pengurus, Pengurus UKPK IAIN JEMBER adakan Rapat Kerja di desa sumbersalak

Pengurus baru salah satu di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember yang tergabung dengan Unit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *