Home / Kabar Desa / BALITA SUMBERSALAK DIBERI OBAT CACING

BALITA SUMBERSALAK DIBERI OBAT CACING

Bulan Agustus saatnya pemberian Vitamin A dan obat cacing. Himbauan ini disampaikan baik dari televisi, radio cacingdan bener yang terpampang di tiap-tiap Puskesmas. Desa Sumbersalak salah satu desa yang telah menyelenggarakan pemberian Vitamin A dan obat cacing melalui bidan desa. Laily Fauziah adalah bidan desa Sumbersalak yang menyelenggarakan pemberian Vitamin A dan obat cacing yang di berikan di tiap-tiap Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) dan sekolah tingkat dasar.
“Vitamin A diberikan pada anak usia 6-59 bulan dan obat cacing di berikan kepada anak usia 1-12 tahun”. Ujar Laily Fuziah selaku bidan pembantu desa Sumbersalak.
Untuk anak usia 1-5 tahun pemberian Vitamin A dan obat cacing di berikan di Posyandu, sendangkan anak usia 6-12 tahun hanya diberikan obat cacing yang di berikan di sekolah masing-masing. Untuk desa Sumbersalak terdapat 8 Posyandu dan 7 sekolah tigkat dasar. PemberianVitamin A dan obat cacing yang diberikan minimal 1 kali setiap tahun diberikan secara gratis kepada masyarkat.
Laily juga menyebutkan bahwa, sampai saat ini 96% anak yang tinggal di desa Sumbersalak telah menerima Vitamin A dan obat cacing, sisanya yang belum memperoleh Vitamin A dan obat cacing akan di berikan sampai akhir Agustus, hal tersebut tidak dapat diberkan disesbkan oleh keadaan tubuh sang anak yang tidak memungkinkan karena sakit dan sebagian lainnya sedang berada di luar desa Sumbersalak.
Vitamin A dan obat cacing sangat penting bagi tubuh manusia, oleh sebab itu pemberiannya di mulai sejak dini agar tidak menghambat perkembangan dan pertumbuhan tubuh sang anak. Vitamin A bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata dan pertumbuhan anak. Sedang obat cacing bermanfaat agar anak tumbuh sehat sebab bila cacing berada di tubuh sang anak maka anak tersebut akan mengalami anemia sebab cacing tersebut menghisap darah dalam tubuh sang anak sehingga anak mudah rewel dan lelah, bukan hanya itu saja dampak lainya adalah dapat menurunkan kemampuan belajar pada anak sekolah.
Vitamin A yang diberikan diklasifikasikan menjadi 2 macam, yakni kapsul biru untuk anak usia 6-11 bulan dan diberikan 1 kali dalam setahun dan kapsul merah diberikan untuk anak usia 12-59 bulan di berikan 2 kali dalam setahun. Sedangkan obat cacing yang diberikan adalah Albendazole, dengan dosis tunggal (400 mg) diberikan setelah sang anak makan.
“Vitamin A dan obat cacing harus berikan oleh bidan atau kader Posyandu yang bersangkutan dan tidak boleh diberikan oleh pihak lain selain rekan medis”. Ungkap Laily
Manfaat dari vitamin A dan obat cacing ini mulai dirasakan olah masyarakat, salah satunya adalah Luky, ibu muda ini mulai merasakan manfaatnya, dia menjelaskan bahwa Nuril putrinya jarang sakit dan sangat aktif di kelasnya, tidak pernh rewel serta tumbuh sesuai usianya.

About Desa Sumbersalak

Check Also

IMG-20171028-WA0023

Mantapkan kinerja Pengurus, Pengurus UKPK IAIN JEMBER adakan Rapat Kerja di desa sumbersalak

Pengurus baru salah satu di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember yang tergabung dengan Unit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *