Home / Kabar Desa / GUNDUL TAK BERDAUN HANYA TINGGAL BATANGNYA SAJA: SELADA AIR DIMUSIM HUJAN

GUNDUL TAK BERDAUN HANYA TINGGAL BATANGNYA SAJA: SELADA AIR DIMUSIM HUJAN

Dimana air mengalir, disanalah selada air berada. Istilah ini memang cocok untuk memberikan gambaran kepada kita tentang tanaman sayur yang satu ini. Sayur ini memang menggantungkan hidupnya pada air. Tak semua air dapat menghidupinya, namun membutuhkan mata air yang benar-benar jernih agar sayuran ini hidup dengan subur dan menghasilkan rupiah bagi pemiliknya. Semakin jernih airnya maka semakin baik pula tanaman.

Selada air atau dalam bahasa maduranya lebih dikenal dengan sebutan “Arnung”. Sayuran ini akan berbeda jika sedang musim hujan. Walaupun sayuran ini membutuhkan air, namun air hujan bukan membuatnya menjadi subur. Air hujan berdampak sebaliknya, bahkan selada air gagal panen di musim hujan.

“Men arnung ecapo’ ojhen kercet. Arnung robbhu ben mattoh ramu’ (Kalau musim hujan selada air menjadi kerdil dan roboh serta akan berakar )”, ungkap Puryono salah satu petani dan pedagang selada air, saat ditemui dirumahnya, Dusun Juroju.(26/05/2015)

Air hujan yang datang dari langit menghujam tanaman selada air. Akibatnya, tanaman yang seharusnya tumbuh keatas menjadi roboh karena tak mampu menahan derasnya hujan. Batangnyapun  menyentuh air serta akan berakar sehingga tanaman selada air menjadi kerdil. Para petani akhirnya kesulitan untuk memanennya karena batangnya pendek, sulit untuk dipegang.

“Arnung mapan men kerrep, ecapo’ ojhen dheddhinah rang-rang (selada air yang bagus itu tumbuhnya penuh, karena hujan tumbuhnya jarang)”, ujar Bahrul salah satu petani arnung.

Air hujan juga membawa hama berupa ulat. Ulat-ulat ini disebabkan hujan yang terjadi dimalam hari. Dalam waktu semalam daun-daun selada air habis dimakannya sehingga sayuran ini banyak yang rusak, gundul tak berdaun hanya tinggal batangnya saja.

Selada air rusak, pasokan selada air dipasar mengurang, serta petaninya merugi. Akibatnya harga dipasarpun tak menentu. Para pedagang selada air akhirnya harus beralih kesayuran yang lain untuk menutupi kerugian yang disebabkan musim hujan.


Penulis: Didi

About Desa Sumbersalak

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

One comment

  1. Pingback: Cıvata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *