Home / Kabar Desa / WARGA ASING, PUJI PRODUK SUMBERSALAK

WARGA ASING, PUJI PRODUK SUMBERSALAK

IMG-20160529-WA0006 Sejumlah warga asing asal Inggris  berkunjung  kedesa Sumbersalak tepatnya di Dusun Paluombo Desa Sumbersalak Kec. Ledokombo Kabupaten Jember. Kedatangan bule bule tersebut disambut sangat antusias  oleh warga sekitar, Jum’at 26/05/2015

Wisatawan asing yang berasal dari  negeri ratu elizabeth tersebut adalah  Bill Vorley, PhD dan Seth Cookk, Phd mereka merupakan utusan dari International Institute For environment and development sebuah Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Internasional  yang bergerak  dibidang Lingkungan yang berpusat di London. Turut mendampingi kegiatan meraka adalah perwakilan dari HIVOS Jakarta, yakni  Silvana paath dan Quentries Regar.

Dalam kegiatannya di desa Sumbersalak bule bule tersebut meninjau langsung tentang makanan sehat  yang berkelanjutan yang dilakukan oleh beberapa kelompok dampingan diantaranya Kripik, ladrang, kerupuk pedas dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, wisatawan manca negara tersebut membeli langsung untuk oleh oleh untuk di bawa kenegaranya.

Selain meninjau dan mencicipi makan ringan  pria yang aktif di beberapa LSM Internasional tersebut juga menghampiri  Kelompok Pertanian Organik “ Kencana Wungu ”  disana mereka melihat langsung proses pembuatan Pupuk Organik yang terbuat dari beberapa limbah diantaranya Pupuk organik yang terbuat dari batang Pisang, Cangkang  telur dan pupuk cair yang terbuat dari sisa batang rokok “ Otes/Bucengan” serta beberapa tanaman Organik.

Dalam sambutannya, mereka mengapresiasi langkah langkah yang dilakukan oleh masyarakat desa Sumbersalak, karena dalam pembuatan makanan ringan maupun pembuatan pupuk organik tidak mencampuri dengan bahan bahan kimia dan melibatkan beberapa unsur dari masyarakat menengah ke bawah yakni berupa kelompok dampingan yang dibentuk oleh Komunitas Tanoker.

Sebelumnya, mereka juga mengunjungi Komunitas Tanoker Ledokombo dengan didampingi oleh camat Ledokombo Hery Setiawan, mereka juga bertatap langsung dengan ibu  ibu mantan buruh Migran yang saat ini memproduksi makanan sehattanpa bahan pengawet.(One Tires)

IMG-20160528-WA0007

About Desa Sumbersalak

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

One comment

  1. Mohamad Amsori

    bisa jadi sumbersalak akan seperti Bali, banyak dikunjungi wisatawan asing,… semoga bisa menjadikan lebih makmur warganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *