Home / Kabar Desa / Warga Dusun Juroju diuntungkan dengan Banjir

Warga Dusun Juroju diuntungkan dengan Banjir

Exif_JPEG_420Tidak selalu banjir membawa malapetaka dan musibah. Terkadang, kita harus mensyukuri segala sesuatu. Di desa Sumbersalak,banjir justru membawa keberutungan tersendiri bagi warga dusun Juroju. Ardi Misalnya, Pria berumur 40 Tahun ini memanfaatkan kesempatannya pasca banjir untuk mengambil pasir di saluran sungai ‘Gila’ yang pada musim penghujan sering dilanda banjir besar.

Pantas saja dari pantauan Tires (Team Redaksi Sumbersalak), di sepanjang Pinggiran sungai Gila tersebut, terdapat pundukan pasir yang amat banyak. Pasir tersebut dari lahar Gunung Raung yang kemarin sempat mengeluarkan erupsi abu vulkanik dari kawah Gunung Raung yang kemudian Abu Vulkanik tersebut dibawa air saat hujan deras. Sehingga pasir bisa dimanfaatkan warga sekitar untuk material bangunan.

Ardi mengatakan, pasca banjir pasti pasir di disepanjang aliran Sungai Gila semakin bertambah banyak. Sebab banjir Tahun ini membawa pasir dari hutan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh warga untuk menambah penghasilan keluarga mereka dan bisa mendatangkan pundi-pundi uang. “Ya alhamdulillah, banjir ada berkahnya bagi kami. Kami menambang pasir untuk dijual ke pembeli atau pun pedagang toko bangunan,” ujar pria Asli desa Sumbersalak ini.

Dari pengakuanya, setiap hari pasca banjir, rata rata penambang pasir bisa menghasilkan pasir 10 sampai 50 dam truck per harinya. Selanjutnya akan dijual kepada pembeli seharga Rp. 400.000 /truck dilokasi. Dari situ, dirinya sangat untung banyak, bahkan menurutnya pasir tersebut sangat berkualitas super dan berwarna hitam dan sangat cocok untuk bahan bangunan.

Salah satu pembeli, Anwar (55) cukup terbantu dengan adanya jasa penyediaan pasir untuk pembangunan rumah. “Kalau beli di toko sudah mahal lagi. Bisa selisih Rp100.000.,” ujarnya. Menurutnya, membeli pasir untuk ditimbun terlebih dahulu, sebab persedian pasir dilokasi penambang sangat banyak dan kemudian akan dijual jika musim kemarau tiba. “Biasanya jika musim kemarau, persedian pasir disungai Gila habis karena banjir sudah tidak datang lagi, dan warga disekitar sini beralih menjadi petani seperti biasanya” kata pengusaha ternak ini.

Tono salah satu sopir truck mengaku, jika dirinya sering mendapatkan pesanan pasir dari luar kota seperti Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Tidak hanya itu, hampir setiap hari ada permintaan untuk mengirim pesanan pasir ke beberapa kecamatan di kabupaten Jember.

About Iwan Joyo Suprapto

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

One comment

  1. Marvelous, what a blog it is! This website provides useful data to us, keep it up.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *