Home / Kabar Desa / Posyandu Masih Menjadi ‘Momok’ di Desa

Posyandu Masih Menjadi ‘Momok’ di Desa

Kesehatan merupakan faktor terpenting bagi setiap manusia. Setiap orang memiliki hak untuk hidup sehat. Karena dengan hidup sehat, setiap orang dapat melakukan aktivitasnya seperti, bekerja, belajar dan bermain. Begitu pula untuk anak- anak. Sejak usia 0-5 tahun, anak mempunyai hak untuk memperoleh kesehatan melalui Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu), yang tersedia di tiap- tiap dusun. Posyandu tak hanya melayani balita saja namun ibu-ibu hamil juga di sarankan hadir pada saat jadwal Posyandu.

Data membuktikan awal tahun 2016 di dusun Juroju desa Sumber Salak Kecamatan Ledokombo Jember, dari 10 orang ibu hamil, 4 yang melahirkan di awal tahun 2016, hanya 1 orang yang menggunakan tenaga medis, selebihnya memilih difasilitasi oleh dukun. Selain itu, Bu Ida selaku kader di Flamboyan 23 yang ada di dusun Juroju menyatakan pada Posyandu bulan Apil 2016 dari 98 sasaran balita yang di Imunisasi, hanya 47 yang hadir. Ketidak hadiran balita dan pilihan untuk mempertahankan tradisi ke dukun membuktikan bahwa kesadaran akan pentingnya kesehatan medis masih minim.

Salah satu warga yang tidak mau disebut namanya, menjelaskan mengapa anak-anak mereka tidak dibawa ke Posyandu dikarenakan, setiap kali anak- anak mereka di imunisasi pasti badannya panas. Padahal, itu hanya efek dari cairan yang diberikan untuk ketahanan imun anak. Hal tersebut tentu bertentangan dengan, Depkes RI, 2006, yang menyatakan bahwa Posyandu adalah salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang di kelola dan diselenggarakan oleh dan untuk bersama masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan, guna memperdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Salah satu penyebabnya adalah minimnya pengetahun masyarakat akan kesehatan dan pentingnya datang ke Posyandu. (Dyah-Red)

About Desa Sumbersalak

Check Also

IMG-20171028-WA0023

Mantapkan kinerja Pengurus, Pengurus UKPK IAIN JEMBER adakan Rapat Kerja di desa sumbersalak

Pengurus baru salah satu di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember yang tergabung dengan Unit …

One comment

  1. Hello mates, its great post about educationand fully explained, keep it up all the time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *