Home / Kabar Desa / Mengapa Masyarakat Memilih Pergi?

Mengapa Masyarakat Memilih Pergi?

Dusun Karang Anyar terletak di dekat hutan yang berada tepat di bawah kaki gunung Raung. Gunung yang beberapa bulan lalu, sempat mengeluarkan abu vulkanik yang cukup merusak kwalitas daun tembakau para petani tembakau disekitaran lereng raung. Pekerjaan mayoritas masyarakat di dusun ini adalah petani  kopi dan penoreh getah  pohon pinus  di lahan milik Perhutani. Selain  itu, sebagain masyarkat juga menjadi peternak kambing dan sapi karena di dusun ini, tersedia pakan ternak yang melimpah.

Namun,saat ini kondisi ekonomi masyarakat cukup lemah karena hasil kebun kopi hanya dapat dipanen satu tahun  sekali. Belum lagi kendala harga jual yang cenderung rendah karena tengkulak. Tidak sebanding dengan biaya perawatan yang dikeluarkan. Hal yang sama juga dirasakan oleh penoreh getah pinus yang penghasilannya menurun karena kondisi cuaca yang tidak mendukung. Apabila musim penghujan tiba, hasil getah menurun hingga 50% dari biasanya. Sehingga sebagian dari mereka memilih menjadi buruh di kebun kopi milik CV.SJAM. Akan tetapi, jasa mereka juga tidak dibutuhkan setiap hari.

Pilihan lainnya, tentu menjadi peternak kambing dan sapi. Meskipun hewan ternak tersebut bukan milik mereka sendiri. Namun, harga ternak yang saat ini masih terbilang murah, juga mempengaruhi upah yang mereka dapatkan setipa harinya. hal itu, sangat membuat masyarakat desa berupaya, mencari cara lain untuk menghidupi dan mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Sehingga tak jarang, banyak masyarakat justru memilih menjadi buruh migran untuk menjawab persoalan ekonomi yang semakin hari semakin meningkat. tercatat, hingga maret 2016, ada 175 orang yang pergi bekerja menjadi buruh migran, dan tersebar di beberapa negara. Data tersebut belum merepresentasi semua masyarakat yang pergi menjadi buruh migran. Karena tidak semua masyarakat mau di data, dan masih banyak yang belum kembali. Hal ini tentu menjadi keprihatinan bersama.

About Dewi Lestari

Check Also

bcd30686-f5ba-4171-91cf-6104a7cfa570

KEMKOMINFO RI SOSIALISASIKAN REDESIGN USO

DEMI PERKOKOH KEDAULATAN BANGSA : “BERSAMA MUI JEMBER, KOMISI I DPR RI DAN KEMKOMINFO RI …

One comment

  1. hampir bernasib sama dengan kami desa-desa pinggir hutan, upaya yg sedang dilakukan dengan mendorong ekonomi dengan memanfaatkan lahan dibawah tegakan menanam palawija dan diantara tanaman pokok menanem pohon buah-buahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *