Home / Kabar Desa / Lebih Dekat dengan Disabilitas: Warga Belajar Bahasa Isyarat

Lebih Dekat dengan Disabilitas: Warga Belajar Bahasa Isyarat

divaSumbersalak (16/04). Dua mahasiswa tunarungu  dan tunawicara dari Fakultas Hukum  Universitas Brawijaya, meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Desa Sumbersalak. Mereka sengaja datang dari Malang menggunakan kereta api, hanya untuk berbagi ilmu dan sharing kepada kelompok ibu-ibu Buruh migran dampingan Komunitas Tanoker Ledokombo.

Ibu-ibu diajarkan bagaimana menggunakan bahasa isyarat. Mulai dari isyarat huruf-huruf sampai dengan kosakata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan ini Uli, selaku Fasilitator dan yang juga mendampingi teman-teman mahasiswa UB tersebut berharap, masyarakat tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan tuna rungu. “Harapan saya, kita dapat berkomunikasi dengan penyandang tuna rungu tanpa hambatan, sehingga kita semua bisa lebih dekat dan akrab” ungkapnya. Gerakan-gerakan yang diajarkan menggunakan satu tangan dan dua tangan. Misalnya, untuk menggambarkan seorang bapak, mereka meletakkan telunjuk dibawah hidung, yang mengambarkan kumis. Karena kumis identik dengan laki-laki dewasa. Selain itu, Prayogi dwi mantoro dan Ari  Prasetyo Wibowo yang sekaligus  pemateri juga mengajarkan bagaimana menggunakan mimik wajah ketika ingin mengatakan sesuatu. Selama mereka memberi contoh gerakan di depan, semua peserta menirukan gerakan-gerakan yang diajarkan. Selain kelompok ibu-ibu, hadir dalam kegiatan tersebut siswa-siswi Nuruz zaman yang sengaja dilibatkan untuk belajar melukis di kanvas yang sudah disediakan. Mereka diajari oleh Prayogi, karena ia memiliki keahlian dalam bidang melukis. Sengaja datang juga untuk berbagi ilmu dalam melukis. Dia berharap agar  para siswa tidak patah semangat dalam belajar dan  terus belajar hingga perguruan tinggi, karena kesempatan adalah miliki semua anak. termasuk juga pada anak yang berkebutuhan khusus.

About Iwan Joyo Suprapto

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *