Home / Kabar Desa / Menyampaikan Ide Melalui Tulisan

Menyampaikan Ide Melalui Tulisan

Pada pertemuan sebelumnya Jumat 18/03/2016 Team Redaksi Sumbersalak (TIRES) diajari Menulis berita oleh pemateri dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang di mulai dengan berita mengenai  diri sendiri. Pada pertemuan ke empat yang dilaksanakan di Tanoker Ledokombo (24/03/2016)   TIRES diajari untuk menulis berita yang terhubung langsung ke internet dan langsung dihubungkan dengan website desa yang beralamat www.sumbersalak.desa.id ,

Grasia Renata Lingga, mengatakan kegiatan ini dilakukan demi mendorong minat baca dan kemampuan menulis bagi peserta Tires. Menurutnya, saat ini, pemuda  hanya mampu menyampaikan pendapatnya secara lisan  dan masih cenderung pasif dalam menyampaikan pendapatnya secara tulisan. “Dengan dilakukannya kegiatan pelatihan praktek ini, kami berharap para peserta terinspirasi untuk membuat berita yang dikemas dalam bentuk tulisan ,” ungkap Renata, selaku koordinator PPIT Desa Sumbersalak.

Pada pelatihan ini, Renata menyampaikan materi tata cara memasukkan berita dalam bentuk file untuk diposting langsung kedalam website desa. Ia juga menambahkan mengenai materi penulisan berita, serta turut menghimbau kepada peserta untuk berpikir kritis. Pasalnya, dalam kegiatan menulis harus dilandasi pikiran yang luas, pun sebagai seorang pewarta. Karena pada dasarnya, seorang pewarta yang baik harus profesional, beretika serta berwawasan.

“Jadi ada baiknya untuk terus lebih banyak membaca dari sumber manapun. Karena itu akan melatih kita untuk dapat menemukan ide tulisan kita nantinya,” tutupnya.

Baca Juga http://iwanjoyo.blogspot.co.id/

About Iwan Joyo Suprapto

Check Also

IMG-20171028-WA0023

Mantapkan kinerja Pengurus, Pengurus UKPK IAIN JEMBER adakan Rapat Kerja di desa sumbersalak

Pengurus baru salah satu di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember yang tergabung dengan Unit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *