Home / SOSIALISASI MIGRASI AMAN / Membangun Desa untuk Mandiri dalam Data dan Informasi

Membangun Desa untuk Mandiri dalam Data dan Informasi

Penguasaan teknologi dan informasi menjadi sesuatu yang mutlak harus dikuasai secara maksimal oleh masyarakat. Terutama aparat pemerintahan, baik dari tingkat daerah sampai ke tingkat Desa. Pengelolaan informasi di pemerintahan desa/kelurahan menjadi ujung tombak Sistem Informasi di Desa, mulai dari hal-hal bersifat administrasi, data, informasi, hingga pelayanan publik.

1797462_166815150371076_7797580201975420141_n
Pembukaan diskusi Pengelolaan PPIT Desa Sumbersalak

Bertempat di Pendopo Balai Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, puluhan staf perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta berbagai lapisan masyarakat mengikuti diskusi pengelolaan PPIT Desa Sumbersalak. Diskusi yang berlangsung pada hari Sabtu, 12 Maret 2016 tersebut, dibuka oleh Kepala Desa Sumbersalak Abdul Haki  dan Direktur Komunitas Belajar Tanoker Ledokombo Dr. Ir. Suporahardjo, M.S. Hadir juga dalam diskusi,  Bapak Hermanto Rohman, S. Sos. MPA  dosen Fisip Unej yang juga bertindak sebagai pemateri dalam diskusi tersebut.

Pada kesempatan itu, Abdul Haki menyampaikan, bahwa diskusi mengenai perkembangan Komunikasi dan Informasi merupakan suatu hal yang harus diberikan kepada masyarakat secara berkesinambungan, agar masyarakat tahu manfaatnya dan  dapat digunakan sebagai sumber inspirasi dan informasi menyangkut dunia usaha yang nantinya akan digeluti masyarakat, dan tentu agar masyarakat dapat mengikuti perkembangan jaman yang telah sedemikian pesat. “ apalagi di Indonesia, Teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu dari enam bidang fokus utama pengembangan Iptek, selain bidang ketahanan pangan, Sumber energi terbarukan, teknologi dan manajemen transportasi, teknologi pertahanan, dan teknologi kesehatan obat obatan” ucapnya.

12814542_166816780370913_288863243752745193_n
Para warga menyambut baik diskusi

Sementara itu, Suporahardjo “pelatihan ini merupakan salah satu wujud pembinaan dan pengembangan kapasitas pemerintahan desa yang berbasis IT. Tujuannya meningkatkan pengetahuan aparat desa dan BPD Serta tokoh tokoh pemuda  dalam mengelola manajemen, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta agar memiliki kompetensi memadai dalam menyajikan informasi dan data yang benar menggunakan media teknologi.” Lebih lanjut, dijelaskan Suporahardjo, bahwa sasaran kegiatan diadakannya diskusi  ini adalah perangkat desa, Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama serta  beberapa mantan  buruh Migran Desa Sumbersalak. Hal tersebut disebabkan banyaknya warga masyarakat sumbersalak yang menjadi TKI di Luar negeri  guna mempermudah berkomunikasi dengan beberapa pihak terkait terutama dengan keluarga yang ditinggalkan. Dia juga menegaskan bahwa pengenalan dan penggunaan perangkat IT serta pengoperasian beberapa Aplikasi dasar harus terus dilatih dan dipelajari. Peserta diskusi juga diajak untuk mencari informasi di internet yang berkaitan dengan industri pertanian, pendidikan, pariwisata, dunia usaha kecil menengah, dan juga mengenai peternakan.

1176407_166817830370808_6356326253059306472_n
Yusuf memberi kritikan terkait pelayanan yang selama ini dilakukan pemerintahan Desa Sumbersalak

Dalam Pemaparannya, Hermanto Rohman selaku pemateri menjelaskan, hadirnya Sistem Informasi desa berbasis teknologi menjadi salah satu pilihan paling pas dan tepat untuk mencapai tertib administrasi desa dan kelurahan. “Melalui sistem informasi berbasis komputer, harapannya informasi yang dihasilkan lebih akurat, berkualitas dan tepat waktu, sehingga lebih efektif dan efisien,” jelasnya. Lewat PPIT ini juga, diharapkan mampu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia aparatur desa dalam menunjang tugas pokok dan fungsinya. Terutama dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, serta mempunyai keterampilan yang nantinya menentukan baik tidaknya manajemen data informasi di tingkat desa.

Save

About Desa Sumbersalak

Check Also

Menuju Desa Mandiri Data dan Informasi

Penguasaan teknologi dan informasi menjadi sesuatu yang mutlak harus dikuasai secara maksimal oleh masyarakat. Terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *