Home / Kabar Desa / Diskusi Pengelolaan Website Desa Sumbersalak

Diskusi Pengelolaan Website Desa Sumbersalak

Pemerintah Desa Sumbersalak merupakan salah satu desa di kabupaten Jember yang mempunyai Pusat Pelayanan Informasi Terpadu (PPIT). Salah satu bagian dari pengelolaan PPIT adalah Website Desa yang bertujuan untuk  memberikan informasi kepada seluruh masyarakat Desa Sumbersalak dan masyarakat luas. Antusiasme yang besar dari warga dengan kehadiran website desa ditunjukkan dengan mulai banyaknya berita  yang di unggah pada website serta berbagai potensi wisata yang mulai dipublikasikan.

Namun, terbatasnya pengetahuan warga mengenai pengelolaan website desa  Sumbersalak  menyebabkan website tersebut kurang tertata dengan baik. Sehingga desa mencoba untuk terus menemukan pola belajar untuk mengelola website. Salah satunya dengan  meningkatkan pengetahuan melalui diskusi dan pelatihan pengelola website Desa Sumbersalak bagi pemuda desa sumbersalak yang memiliki keinginan kuat untuk mengembangkan desanya lewat informasi. Tanoker Ledokombo yang menjadi partner Desa Sumbersalak dalam pengembangan desa mencoba membentuk kelompok diskusi mingguan mengenai pengelolaan website desa yang dipandu oleh Grasia Renata Lingga dan Mufti Ahmad.

12809753_160230177696240_2536071540416762153_n
Berdiskusi bersama untuk mengembangkan Desa lewat informasi

Tanggal 04 Maret 2016 yang lalu, merupakan pertemuan pertama. Kedepannya menjadi pertemuan rutin mingguan. Peserta diskusi terdiri dari delapan orang. Perwakilan dari masing-masing dusun yang ada di Desa Sumbersalak. Hrapan kedepannya, agar informasi yang dibahas dan didiskusikan setiap minggunya bisa juga dibagikan oleh teman-teman peserta kepada warga di tiap-tiap dusun. Sehingga upaya untuk membagikan informasi agar merata bisa terwujud. dan PPIT sebagai pusat informasi di desa mampu memenuhi kebutuhan informasi seluruh masyarakat, secara perlahan.

Kegiatan pelatihan diawali dengan perkenalan dari masing masing dusun. Uniknya, ke delapan peserta diskusi berasal dari latar belakang perkejaan yang berbeda-beda. Ada yang bekerja menjadi petani, guru, wiraswasta serta blogger. Sehingga masa perkenalan menjadi lebih menarik. Setelah perkenalan, dilanjutkan dengan komitmen seluruh peserta dan penggalian harapan dari seluruh peserta. Agar diskusi kedepannya bisa berjalan lancar. Beberapa peserta mengaku ingin sekali mengembangkan desanya lewat informasi. Namun masih terkendala di teknik penulisan ataupun pemanfaatn tekonologi. Sehingga butuh pelatihan peningkatan kapasitas yang berbeda-beda setiap minggunya nanti.

12802972_159698171082774_7452448263032562862_n
Masyarakat yang siap maju adalah masyarakat yang paham betapa pentingnya informasi.

Diskusi dilanjutkan dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya pengelolaan Sistem Informasi Desa (SID) sebagai bentuk implementasi UU Desa. Diskusi ini juga dimaksudkan untuk memperkuat pemahaman Pemerintah Desa serta masyarakat mengenai pentingnya informasi. Karena melalui informasi, kita bisa memahami banyak hal, termasuk menyelesaikan banyak sekali persoalan yang ada di Desa.

About Desa Sumbersalak

Check Also

IMG-20171028-WA0023

Mantapkan kinerja Pengurus, Pengurus UKPK IAIN JEMBER adakan Rapat Kerja di desa sumbersalak

Pengurus baru salah satu di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember yang tergabung dengan Unit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *