Home / Kabar Desa / Belajar Posting Di Website

Belajar Posting Di Website

Pertemuan kali ini, 24 Maret 2016 merupakan pertemuan ke 4 diskusi pengelolaan website desa. Namun kali ini berbeda seperti biasanya, pertemuan yang awalnya disetujui rutin pada hari jumat  jam 13.00 berubah menjadi hari kamis jam 14.00 karena pada hari Jumat tanggal 25 maret 2016 merupakan hari libur nasional. Pertemuan tidak ikut libur, para pemuda desa yang ikut dalam proses diskusi pengelolaan website tidak mau libur. Namun mengganti jadwal demi belajar. Tak hanya tanggal, tempatnya pun berubah. biasanya bertempat di pendopo desa Sumbersalak, kali ini bertempat di Tanoker Ledokombo. meskipun tak seperti biasanya, namun tak mengurangi antusiasme pasukan TIRES untuk menambah pengetahuan yang dimiliki.

Pembahasan kali ini tentang bagaimana mem-posting tulisan kita dalam wibsite yang kita kelola di sumbersalak.desa.id. Pertama diawali dengan sedikit penjelasan mengenai tampilan laman website sumbersalak oleh Mufti Ahmad, selanjutnya para peserta diminta untuk membuka website di laptop masing-masing, dan juga login dengan akun masing-masing (sebelumnya sudah dibuatkan akun oleh Grasia Renata Lingga, Koordinator PPIT Desa Sumbersalak). Setelah masuk dalam akun masing-masing, kemudian Mufti menjelaskan sedikit tentang bagian-bagian dari tampilan tersebut. Kemudian, masing-masing dari kami diminta untuk membuat tulisan untuk diposting dalam website, akan tetapi karena kami baru pemula,maka tulisan tersebut tak serta-merta terpampang dalam website. Tulisan-tulisannya harus melalui proses editing oleh pendamping kami.

Semangat kami masih membara untuk terus melatih kemampuan dan terus mempelajari tentang dunia jurnalistik dan mem-posting berita di website. Itu semua dilakukan tak hanya untuk kepentingan pribadi kami, akan tetapi untuk kemajuan desa kami tercinta, Desa Sumbersalak. Setelah semua postingan selesai (belum proses edting), suasana menjadi agak santai. Di akhir kegiatan,muncullah beberapa usulan tentang pembentukan redaksi resmi yang akan menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing. “Diharapkan dengan pembentukan redaksi ini, nantinya tim akan tetap menjalankan tugas secara mandiri tanpa pendampingan lagi, karena tidak mungkin selamanya tim ini akan terus didampingi”,ujar mbak Renata.

Pendapat lain yang disampaikan adalah tentang pembuata Kartu Tanda Anggota (KTA) dan seragam yang menjadi identitas dari Tim ini. Kaitannya dengan PPIT (Pusat Pelayanan Informasi Terpadu), ada sebuah wacana bahwa di tahun 2017 sistem informasi desa akan menjadi bagian penting dari semua desa. Diharapkan sistem informasi Desa bisa meng-update semua hal yang ada kaitannya dengan desa.

About Siti Masruroh

Check Also

IMG-20171028-WA0023

Mantapkan kinerja Pengurus, Pengurus UKPK IAIN JEMBER adakan Rapat Kerja di desa sumbersalak

Pengurus baru salah satu di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember yang tergabung dengan Unit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *