Home / Kabar Desa / Sejuta Pesona Desa Sumbersalak

Sejuta Pesona Desa Sumbersalak

Desa Sumbersalak  terletak di Kecamatan Ledokombo Kab. Jember- Jawa Timur. Sekitar 30 Km ke timur dari Pusat Kota Jember. dan sejauh ini, masih banyak orang, khususnya untuk wilayah Jember sendiri, yang belum tahu ataupun pernah mendengar tentang keindahan Desa ini.

Apa yang menarik dari Desa Sumbersalak ?

Desa Sumbersalak  adalah sebuah desa wisata yang menawarkan banyak ragam wisata alam yang dapat memanjakan setiap orang yang berkunjung ke Desa Sumbersalak . Desa Sumbersalak  juga sering disebut sebagai hidden paradise (surga tersembunyi) karena masih alami dan belum banyak wisatawan lokal yang mengetahui tempat-tempat wisata di desa ini.

Desa Sumbersalak  memiliki tempat wisata alam yang masing-masing akan memberikan kesan yang berbeda saat mengunjunginya. Di Desa yang cukup dekat dengan Gunung Raung ini, terdapat tiga air terjun yang keasriannya masih sangat terjaga.

1. Air terjun Damar ulan Misalnya atau yang biasa disebut dengan Niagara mini,  yang memiliki pemandangan indah dan bersih karena bebas dari sampah-sampah plastik. Selain  itu air terjun Damar Wulan ini memiliki keunikan tersendiri yakni para wisatawan bisa menyaksikan sunset maupun sunrise melalui hamparan sawah yang luas Di sekitar air terjun ini.

IMG_0837
Fotografer: Grasia Renata Lingga

12654679_1536284486669787_8246631491122985485_n2. Air terjun Damarwulam II. Para wisatawan hanya memerlukan berjalan sekitar 10 menit mencapai lokasi air terjun tersebut dari lokasi air terjun Damar Wulan pertama. air terjun damarmuwalan II ini diapit oleh beberapa tebing dari batu cadas dan sangat bagus untuk dijadikan spot untuk mengambil foto dengan objek perorangan atau selfie.

3. Selain air terjun damar wulan, Desa Sumbersalak juga memiliki situs bersejarah yakni sebuah pohon Godril/Trembesi  yag sangat besar dan dibawahnya terdapat sebuah latar yang mirip dengan kuburan. Menurut cerita masyarakat sekitar bahwa lokasi tersebut dipercaya sebagai tempat kelahiran seorang tokoh ksatria dari kerajaan Majapahit yakni Damarwulan.

IMG_0528
Fotografer: Grasia Renata Lingga

4. Puncak keindahan alam di Desa Sumbersalak  adalah Air Terjun Anjasmoro. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini menyuguhkan keindahan pemandangan yakni air terjun yang bertingkat, air yang sangat jernih. Air terjun  ini bisa menjadi spot foto paling keren untuk kamu yang punya hobi Photografi.

12541108_10204318586439916_1702530083345254748_n
Dok. Pribadi Iwan

5. Selain  air terjun dan petilasan Damar Wulan, di Desa Sumbersalak juga terdapat  sebuah dusun jamu. Dusun Karang Anyar merupakan salah satu dusun di desa Desa Sumbersalak yang memiliki banyak sekali tumbuhan berkhasiat dan kekayaan tumbuhan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya ibu-ibu Karanganyar untuk memproduksi jamu. Selain untuk menghidupi perekonomian, juga untuk menambah stamina dan menjaga kesehatan masyarakat. Jamu-jamu yang diproduksi beraneka ragam. Mulai dari temulawak, beras kencur dan berbagai jenis jamu lainnya. dijual perpaket, sachet maupun langsung di sedu. Jamu-jamu tersebut sudah dinikmati oleh dua menteri sekaligus loh. Bapak M. Khanif Dhakiri, Menteri ketenagakerjaan yang berkunjung bulan November 2015 yang lalu, sekaligus peresmian Desa Sumber Salak Sebagai Desa Peduli Buruh Migran (DESBUMI) dan juga bapak Anies Baswedan, Menteri Pendidikan Sekolah Dasar Menengah dan Kebudayaan, yang berkunjung ke Ledokombo untuk membuka dan memeriahkan Festival Egrang 6 Tanoker pada bulan desember 2015 yang lalu serta beragam tamu yang berkunjung ke Ledokombo.

IMG_5894
Fotografer: Grasia Renata Lingga

Bagi kalian yang tertarik menikmati sajian wisata dan jamu hangat ala Desa Sumbersalak, di tunggu kunjungannya.

About Desa Sumbersalak

Check Also

IMG-20171028-WA0023

Mantapkan kinerja Pengurus, Pengurus UKPK IAIN JEMBER adakan Rapat Kerja di desa sumbersalak

Pengurus baru salah satu di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IAIN Jember yang tergabung dengan Unit …

6 comments

  1. Destinasi wisata jember..mantap poto2nya

  2. Destinasi wisata jember. .poto2 nya indah..matap…!

  3. Comment:mantaaaapp mkin maju desa ku mkin maju pemuda nya
    tq buat mimin yg udah bkin artikel ini kembangkan n lanjutkan….
    psen buat kades x pembangunan x di tingkat kan yoo hehehe q wargamu mendukung pnuh maju x sumbersalak ciaayyyoooh

  4. Assallamualaikum. wr. wb.

    saya seorang videografer asli jember yang kini menetap di bandung, melihat desa sumbersalak ini memiliki potensi yg lebih banyak daripada desa lainnya di jember. saya siap membantu untuk mengemas semua potensi desa sumbersalak ke dalam sebuah media promosi video seperti karya2 video kami yang sudah kami kerjakan di beberapa daerah lainnya di indonesia. untuk melihat karya kami : https://www.youtube.com/watch?v=_uVF8KCg864&nohtml5=False

    terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *