Home / Kabar Desa / Tentang Desa / Tentang Desa Sumbersalak

Tentang Desa Sumbersalak

A. Demografi
Berdasarkan data administrasi pemerintahan desa tahun 2010, jumlah penduduk Desa Sumbersalak terdiri dari 3.797 KK, dengan jumlah penduduk 9.670 jiwa, dengan rincian 4.795 laki-laki dan 4.875 perempuan

B. Pendidikan
Pendidikan adalah salah satu hal penting dalam memajukan tingkat SDM (Sumber Daya Manusua) Yang dapat mempengaruhi jangka panjang pada peningkatan perekonomian di Desa. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan mendongkrak tingkat kecakapan masyarakat yang pada gilirannya akan mendorong tumbuhnya keterampilan kewirausahaan dan lapangan kerja baru sehingga akan membantu program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan.

namun saat ini, mayoritas masyarakat desa Sumbersalak hanya mampu menyelesaikan sekolah di jenjang pendidikan wajib belajar 9 tahun yaitu SD sampai SMP. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk desa Sumbersalak.

Rendahnya kualitas pendidikan di desa Sumbersalak, disebabkan banyak faktor. Sarana dan prasarana pendidikan yang masih minim, jarak tempuh antar dusun, serta persoalan ekonomi masyarakat. Selain itu, pandangan hidup sebagian masyarakat yang beranggapan tidak perlu sekolah tinggi-tinggi dan kurangnya semangat belajar. Sarana pendidikan di desa baru tersedia tingkat SD dan SMP sederajat. Sementara untuk pendidikan tingkat SMA, sangat jauh.

Sebenarnya ada solusi yang bisa menjadi alternatif untuk persoalan rendahnya sumberdaya manusia (SDM) di desa Subersalak yaitu melalui pelatihan dan kursus. Namaun sarana dan lembaga ini juga masih belum tersedia di desa Sumbersalak.

C. Kesehatan
Masalah pelayanan kesehatan adalah hak setiap warga masyarakat dan merupan hal yang sangat penting bagi peningkatan kualitas masayarakat. Masyarakat yang produktif harus didukung oleh kondisi kesehatan yang baik. Sejauh ini. pemerintah Desa selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat lewat posyandu rutin, Kartu Indonesia Sehat, dan BPJS anggota keluarga.

D. Keadaan Sosial

Masyarakat yang demokratis, tentu dipengaruhi oleh sistem politik yang ada di desa. Dalam konteks politik lokal di desa Sumbersalak, hal ini tentu tergambar dalam pemilihan kepala desa dan pemilihan-pemilihan lain (Pilpeg, Pilpres, Pemilukada, Pilgub) yang melibatkan masyarakat secara langsung. Tingkat partisipasi masyarakat dapat dilihat dari keikutsertaan dalam pemilihan umum yang diselenggarakan di desa. Hampir 80% daftar pemilih tetap, memberikan hak pilihnya . Inilah progres yang cukup signifikan di desa Sumbersalak.

Setelah proses politik selesai, situasi dan kondisi desa berjalan normal seperti biasanya. Masyarakat tidak terus menerus terjebak dalam sekat-sekat kelompok pilihannya. Hal ini ditandai dengan kehidupan gotong royong maupun tolong menolong antar warga.

Selain itu, lewat website ini, Masyarakat juga ikut bersuara lewat tulisan-tulisan yang tentu membangun desa. Masyarakat lebih terbuka dan lebih berani mengaspirasikan pendapatnya mengenai persoalan-persoalan yang terjadi di Desa Sumbersalak.

Walaupun pola kepemimpinan ada di kepala desa, mekanisme dalam pengambilan keputusan selalu melibatkan masyarakat Baik melewati lembaga resmi / Badan Perwakilan Desa maupun masyarakat secara langsung. Masyarakat desa juga dilibatkan dalam rapat koordinasi yang dilakukan rutin di balai desa. rakor tersebut dilakukan untuk memberi ruang kepada masyarakat dalam memberikan ide dan gagasannya untuk kemajuan desa.

Tidak hanya itu, Desa Sumbersalak konsen dalam pengorganisiran masyarakat yang pernah menjadi Buruh migran, lewat pendampingan-pendampingan masyarakat. terutama kelompok ibu-ibu buruh migran dan anggota keluarganya. Desa Sumbersalak merasa bertanggungjawab atas kesejahteraan seluruh masyarakat, terutama buruh migran. Karena Desa Sumbersalak merupakan salahsatu desa yang merupakan ‘Kantong’ buruh migran. Hal itu juga yang mendorong pemerintahan desa untuk bersama-sama membangun Desa Peduli Buruh Migran yang sudah diresmikan oleh Menteri Tenaga Kerja, M. Khanif Dhakiri pada tanggal 25 November 2015 yang lalu.

E. Keadaan Ekonomi
Secara umum mata pencaharian warga masyarakat desa Sumbersalak dapat terdentifikasi ke dalam beberapa sektor yaitu: pertanian, Perkebunan dan Perdagangan .

F. Kondisi Pemerintahan Desa
Secara administrative, Desa Sumbersalak terletak di kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember dengan posisi desa- desa tetangga dan hutan.

-Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Sumberbulus dan Sumberlesung Kecamatan Ledokombo

-Disebelah Selatan berbatsan dengan Desa Sumberjati kecamatan Silo.

-Disebelah Timur berbatasan dengan Hutan.

-Disebelah barat berbatsan dengan Desa Suren Kecamatan Ledokombo.

Desa Sumbersalak terdiri dari 4 (empat ) dusun Yaitu:
1. Dusun Juroju
2. Dusun Karang Anyar
3. Dusun Salak, dan
4. Dusun Paluombo

About Desa Sumbersalak

Check Also

Mengapa Masyarakat Memilih Pergi?

Dusun Karang Anyar terletak di dekat hutan yang berada tepat di bawah kaki gunung Raung. Gunung yang beberapa bulan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *