Home / Kabar Desa / SUMBERSALAK LAKSANAKAN MUSRENBANGDES 2017

SUMBERSALAK LAKSANAKAN MUSRENBANGDES 2017

Sumbersalak (Senin, 11/ 01/16) Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo yang sudah dijadwalkan oleh Tim Kecamatan Ledokombo . Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Sumbersalak , yang dihadiri oleh Perwakilan Camat Ledokombo yakni Kasi Pemdes bapak Sumoardi serta beberapa Tim dari UPK Kec. Ledokombo , semua unsur lembaga desa, mulai dari BPD, RW, RT, Karang Taruna serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Abdul Haki, Kepala Desa Sumbersalak menyampaikan dalam sambutannya “Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) Desa Sumbersalak kali ini merupakan tindak lanjut dari Musyawarah Dusun (MUSDUS) di wilayah masing-masing Dusun, juga yang sudah di jadwalkan oleh Kecamatan Ledokombo. Usulah-usulan prioritas yang untuk Rencana Kerja Program (RKP) tahun 2017 sudah di prioritaskan oleh masing-masing RW melalui Musdus”.

Dalam sambutannya Sumo, mewakili Camat Ledokombo menyampaikan “Musrenbangdes di wilayah Kecamatan Ledokombo baru kali ini ada desa yang pesertanya sangat maksimal dan antusias dalam Musrenbangdes, meski mengalami keterlambatan kedatangan Undangan beberapa Jam, perwakilan dari berbagai lembaga yang ada di Desa Sumbersalak. Dalam Musrenbangdes ini mari kita bersama-sama diskusi yang kaitannya dengan Rencana Kerja Program (RKP) Tahun 2017 untuk dasar Rencana Program Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Sumbersalak”.

“Pemerintah Kabupaten Jember mengalokasikan dana Milyaran untuk Kecamatan Ledokombo yang akan dibagikan 12 desa yang ada di Ledokombo. Sistem pembagiannya juga akan melihat kondisi dan wilayah desa tersebut. Untuk program pembangunan juga harus melihat prioritas usulan, sehingga untuk bisa mengetahui besar kecilnya anggaran yang akan diberikan di tiap-tiap desa. Baru kali ini ada usulan yang sangat lengkap dan bukan hanya yang diusulkan pembangunan fisik tetapi memang harus ada program usulan pembangunan non fisik yang akan bisa mensejahterakan perekonomian keluarga.” Jelasnya.

Untung Supriadi, Ketua BPD Sumbersalak menyampaikan dalam sambutannya ”Musrenbangdes ini sudah melewati musdus di tiap-tiap kadus dan RW, yang mengusulkan Rencana Program Kerja yang diusulkan di tingkat Musrenbangdes yang sudah diprioritaskan oleh masing-masing RW. Setelah ini akan dilanjutkan ke Musrenbang Di kecamatan Ledokombo . Pogram yang diusulkan dalam bentuk fisik maupun non fisik ini yang sangat diharapkan. Tahapan-tahapan ini sudah berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang ada.”

Hadir juga dalam acara tersebut direktur Tanoker Ledokmbo, Dr. Ir. Supohardjo M.Si. Dalam sambutannya dia menyinggung tentang perencanaan desa yang belum tersentuh yakni pembedayaan anak anak yang di tinggal kedua orang tuanya untuk merantau ke luar daerah, “ Meraka butuh perhatian khusus dari desa, oleh sebab itu saya berharap kepada pemerintah desa untuk mengalokasikan dana untuk anak anak buruh yang ditinggal kedua orang tuanya, dan kepada siswa Sumbersalak yang berprestasi.” Kata Supo yang Akrab di sapa Lek Hang ini.

“Selama ini pemerintah desa hanya fokus kepada pembangunan sarana dan prasarana saja, tidak memperhatikan kondisi warganya, oleh sebab itu saya harap ada pengalokasian khusus untuk pemberdayaan keluarga terutama keluarga yang sangat miskin.” Tambahnya.

Kemudian acara tersebut di lanjutkan dengan sidang komisi, sidang tersebut di bagi menjadi tiga sidang komisi yaitu Komisi A membahas Pembangunan Desa, Komisi B Membahas sarana dan prasarana dan Komisi C Membahas pemberdayaan Masyarakat. Yang kemudian hasil dari sidang komisi tersebut akan ditindak lanjuti di musrenbang Kecamatan Ledokombo tanggal 15 Februari nanti. (Iwan- BPD SUmbersalak)

About Desa Sumbersalak

Check Also

aaaa

PEMBINAAN  PENINGKATAN KAPASITAS ANGGOTA LINMAS DESA SUMBERSALAK  

Tim Redaksi Sumbersalak (Tires)  – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sumbersalak  mengadakan pembinaan …

2 comments

  1. Musren untuk pembangunan menuju desa mandiri.

    Proficiat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *